Cantik dan Kuat, Ini Dia Sosok Penerjun Wanita Pertama di Indonesia


Dalam dunia militer, sosok penerjun sangat kental dengan pria. Kegiatan ekstrem ini memang bukan hal yang mudah dilakukan wanita, terlebih aksi ini yang cukup berbahaya. Namun, di masa lalu ada seorang wanita yang sukses mengharumkan nama Indonesia dalam aksi terjun payung.

Dialah Tuti Gantini, penerjun statik wanita pertama Indonesia. Wanita tangguh ini merupakan putri dari Marsda Purn R.A. Wiriadinata, Komandan Pasukan Pertahanan Pangkalan (PPP) pertama yang kini dikenal sebagai Korps Paskhas TNI AU.

www.sriwijayamandiri.com

Sebagai seorang penerjun payung wanita pertama di Indonesia, Tuti Gantini menjadi wanita yang mandiri dan punya andil besar pada medan berat pertempuran. Kemandirian dan sifat penolong inilah teladan yang bisa dipelajari dari sosoknya.

Tuti dinobatkan sebagai penerjun wanita pertama setelah berhasil melakukan penerjunan statik pada wingday yang diselenggarakan TNI AU. Kesuksesannya itu diawali dengan ground training dan serangkaian latihan yang melelahkan. Luar biasanya, wanita pemberani ini hanya berlatih selama kurun waktu lima hari saja!

Jejak Tuti Gantini diikuti oleh dua orang adik wanitanya yaitu Sutarti Gantini dan Suharti Gantini dan seorang adik laki-lakinya bernama Suwandi. Pada angkatan generasi berikutnya bermunculan pula penerjun-penerjun wanita selanjutnya.


Di masa tuanya Tuti akrab dipanggil Enin oleh cucu-cucunya. Saudara dan para tetangga mengenangnya sebagai wanita yang ringan tangan, selalu mengajarkan kemandirian dan keberanian.

Kemandirian dan ketangguhannya memang layak diteladani. Terlebih ia menjadi sosok pemberani. Meski tanggal 27 Oktober 2015, Ibu Tuti Gantini telah tutup usia, namanya tetap harum di Indonesia.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak