Akad Nikah Lewat Video Call, Penghulu Ini Jadi Berita


Ilustrasi nikah online

Akad nikah menjadi momen sakral yang paling mengharukan dalam prosesi pernikahan. Pernikahan yang harapannya terjadi sekali seumur ini, terucap dalam janji sehidup semati, lewat akad.

Dalam Islam, akad nikah atau Ijab dan Qobul merupakan Rukun Nikah. Umumnya, Ijab Qobul dalam pernikahan itu dilakukan secara langsung, dengan bertatapan antara mempelai pria, wali nikah (orang tua mempelai wanita), penghulu dari kantor urusan agama, dan saksi.

Namun, ada yang tak lazim dalam ijab qobul yang dilakukan oleh pasangan mempelai ini. Kedua pasangan ini, seolah ingin memanfaatkan teknologi dengan sangat baik, lalu melakukan proses sakral ini melalui media daring.

Mereka melakukan akad nikah dengan cara video call dengan penghulunya. Dari video tersebut sang penghulu memandu wali nikah, mempelai wanita, dan ijab qobul melalui video call.

Sontak video berdurasi 5 menit 47 detik yang menampilan kedua mempelai yang terdengar menggunakan bahasa Jawa ini, menjadi viral. Komentar bermunculan dan mempertanyakan apakah sah, akad nikah dilangsungkan melalui video call seperti ini?

Hal ini ternyata sudah memicu pro dan kontra sejak lama. Dikutip dari Okezone, Ormas Islam Muhammadiyah, misalnya telah membolehkan menikah dengan perantara video call, dengan syarat dan rukunnya harus terpenuhi dan dicatatkan ke lembaga resmi.

Penasaran seperti apa videonya? Tonton yuk di bawah ini.

https://youtu.be/wtRUgvQ8fxo


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak