Melirik Keindahan Pulau Natuna, Si Elok yang Jadi Rebutan


Belakangan nama Natuna kembali menjadi perbincangan. Terlebih setelah Presiden Jokowi mengunjunginya dan menggelar rapat di sana. Kawasan Natuna, yang dekat dengan wilayah sengketa Laut Cina Selatan, memang kerap disusupi kapal asing yang menangkap ikan secara ilegal. Pemerintah Cina selalu berdalih kawasan Natuna masuk dalam kawasan pemancingan tradisional Cina.

Nah, di samping itu, Natuna juga punya alam yang indah, lho. Pantas saja jadi rebutan. Namun, meski jadi rebutan, tak banyak masyarakat Indonesia yang turut ‘mencicipi’ keindahannya. Maklum, gugusan pulau yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) itu termasuk salah satu wilayah terluar Indonesia.

Natuna menawarkan tempat wisata yang luar biasa memukau. Nama Natuna, yang berasal dari bahasa Belanda natunae yang berarti alami, memiliki pemandangan alam Natuna yang begitu indah.

Natuna terdiri dari pulau-pulau kecil yaitu Bunguran, Jemasa, Serasan, Midai, Bintang, Sedanu dan Laut. Kota Ranai sebagai ibukota Kepulauan Natuna. Selain itu, Pulau Natuna dikelilingi oleh lautan lepas. Maka, wisata pantai di Natuna sangat menakjubkan. Berikut ini 5 wisata unggulan di Natuna Island.

1. Pantai Sisi

detik.com

Pesona pantai Sisi, mampu menghipnotis siapa pun yang melihatnya. Pantai Sisi terletak di Kecamatan Serasan yaitu bagian dari wilayah Kabupaten Natuna. Karena keaslian dan keindahannya, Pantai Sisi di Serasan pernah di nobatkan sebagai salah satu pantai alami terbaik di dunia (Best Undiscovered Beach) versi majalah Islands, edisi September 2006.

Di sini kamu akan disajikan dengan hamparan pasir putih yang memiliki tekstur kasar, tapi tidak menyebabkan pakaian kotor jika pengunjung duduk bahkan berbaring di sana. Permukaan laut yang bersih dan indah menjadi daya tarik utama destinasi pantai ini.

2. Batu Sindu

reportasenatuna.wordpress.com

Batu Sindu merupakan sebuah tempat yang berada dipantai timur Kota Ranai. Disana terdapat batu-batuan dengan berbagai bentuk dan ukuran. Berkunjung ke sini, kamu harus menyaksikan pemandangan darii puncak menara suar.

Hamparan batu yang seperti tersusun harmonis dan sangat indah! Jika dilihat dari arah laut terlihat beberapa bebatuan raksaya yang bertumpuk-tumpuk serta menyebar dibeberapa arah dan juga terdapat sebuah goa di sela-sela bebatuan tersebut.

3. Pulau Senua

blogspot.com

Berkunjung ke Natuna belum lengkap jika tak menyusuri keindahan Pulau Senua yang eksotis nan elok. Pulau ini terdiri dari hamparan berpasir putih dan air yang jernih. Surga bagi bertumbuhnya terumbu karang dan rupa-rupa ikan serta aneka biota laut lainnya. Pulau ini berada di wilayah Kecamatan Bunguran Timur, tepatnya berada di seberang Desa Sepempang.

Selain tersohor dengan keindahannya, pulau ini menyimpan legenda turun temurun yang tetap dipercayai hingga kini. Konon Pulau Senua adalah penjelmaan dari seorang perempuan yang sedang hamil bernama Mai Lamah. Hal ini semakin kuat lantaran pulau ini terlihat memiliki bentuk seperti perempuan berbaring yang tengah berbadan dua.

4. Alif Stone Park

reportasenatuna.wordpress.com

Alif Stone Park merupakan taman berbatu unik yang terletak ditepi pantai Desa Sepempang. Taman berbatu ini merupakan destinasi wisata yang memadukan unsur pantai berpasir, air yang jernih dengan hamparan batu granit raksasa.

Selain itu, rangkaian jembatan yang menjadi penghubung antar batu satu ke batu lainnya, menambah keindahan dan kenyamanan ketika kamu berada di sana. Selain itu, di Alif Stone Park, tersedia tempat bersantai di setiap batu besar. Jangan lewatkan sunset menawan di sini!

5. Masjid Agung Natuna

bisnis.com

Masjid Agung Natuna jadi ikon wisata religius di Natuna. Keindahan masjid mirip sering disebut dengan Taj Mahal Indonesia. Masjid yang dibangun pada tahun 2007 ini punya banyak keunikan. Dikenal sebagai masjid terbesar di provinsi kepulauan Riau. Arsitekturnya bernuansa relijius sangat kental.

Memang kubah Masjid Agung Natuna ini mirip kubah Taj Mahal di India. Ornamen pintu Masjid Raya Natuna mengambil inspirasi dari Alquran. Masjid Raya Natuna memiliki ruang dalam yang sangat luas. Lokasinya berada di Jalan Datuk Kaya Wan Muhamad Benteng arah dari Ranai menuju ke Pantai Sepempang.

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak