Masjid Nurul Abror, Bekas Rumah Penjajah Yang Jadi Tempat Ibadah

Indonesia sempat dijajah beratus-ratus tahun lamanya. Bekas jajahan pun masih ada hingga kini. Tempat yang bersejarah itu lantas mengundang rasa penasaran masyarakat Indonesia untuk mengunjunginya.

Salah satu tempat bersejarah tersebut berada di kawasan Mangga Dua, Jakarta Pusat, yang selama ini dikenal sebagai pusat perbelanjaan. Di kawasan ini terdapat sebuah masjid kuno bernama Nurul Abror.

Berdiri sejak 1841, dulunya bangunan ini adalah salah satu rumah kompeni yang direbut oleh Sayyid Abu Bakar bin Sayyid Aluwi Bahsan Jamalulail. Telah mengalami beberapa kali penugaran, masjid itu masih menyisakan mimbar dan empat pilar sebagai bagian aslinya.

Selain sebagai tempat beribadah dan mengkaji ilmu Islam, Masjid Nurul Abror juga dijadikan tujuan ziarah. Setidaknya, ada 12 makam yang menjadi bagian masjid. Namun satu makam yang paling sering menjadi tujuan utama ziarah warga, yaitu makam Sayyid Abu Bakar bin Sayyid Aluwi Bahsan Jamalulail. Dia adalah keturunan dari Husein bin Ali bin Abi Thalib, menantu Rasulullah dari putrinya Fattimah Azzahra.

 

Di tengah kebisingan Ibu Kota, masjid ini memiliki nuansa islami yang menyejukan. Atapnya memang tak terlalu tinggi, namun nuansa sejuk seketika terasa selepas memasuki masjid yang beralamat di Jalan Mangga Dua Dalam tersebut.

Dua puluh tahun silam,  terdapat kolam kecil sedalam 15 meter yang semula digunakan untuk berwudhu, kemudian telah ditutup. Pihak pengurus masjid memutuskan sepakat menutupnya karena sejumlah jamaah mulai melakukan ritual kepercayaan yang mengarah pada kemusyrikan.

Menurut cerita yang berkembang, nama Jalan Mangga Dua berasal dari dua buah pohon mangga besar yang terdapat di depan masjid. Karena itu pula, masjid itu selamat dari ancaman penggusuran dan kini dijadikan cagar budaya.

Hingga kini, masjid ini kerap menjadi wisata religi di Ibu Kota dengan banyaknya jamaah dari sejumlah daerah. Baik itu sengaja singgah, maupun mereka yang meniatkan berziarah. Kamu tertarik beribadah di masjid ini?

Written by Linda

fun-writer. joy-reader!

Gokil, Bocah Jago Main Gitar dan Bersuara Melengking Mirip Judika

Uniknya Batobo, Tradisi Jemput Pemudik di Riau