Mendadak Jadi Ninja di Museum Kota Iga, Jepang


Di dalam Museum Ninja (j-cul.com)

Kamu penyuka Naruto atau hal-hal yang berbau ninja? Tentunya melihat kehidupan ninja secara langsung merupakan hal yang kamu idam-idamkan. Di Perfektur Mie Jepang, tepatnya di 117-13-1 Ueno Marunochi-Iga, ada sebuah museum ninja yang akan memuaskan keinginan kamu untuk mengenal lebih jauh kehidupan ninja karena di museum ini kamu bisa tahu semua hal tentang ninja seperti senjata, pakaian, rumahnya, hingga berbagai macam petuah-petuah hidup yang diemban oleh para ninja.

Museum Ninja di Iga (blahblahbragship.wordpress.com)
Museum Ninja di Iga (blahblahbragship.wordpress.com)

Jika kamu menganggap kalau ninja adalah orang yang pandai menghilang seketika, bisa terbang, pembunuh bayaran seperti yang ada dalam film-film Hollywood, kamu salah JBers karena ninja yang sesungguhnya itu adalah orang yang pintar beladiri dan ahli menyusup serta mengatur strategi. Ninja merupakan orang yang menggunakan Ninjutsu atau yang disebut juga dengan ninpo. Ninjutsu adalah seni bela diri yang menitikberatkan pada strategi, taktik, serta gerilya saat di medan perang. Ninjutsu juga diartikan sebagai seni beladiri yang menggunakan teknik chakra dalam berlatih. Ada 18 ilmu Ninjutsu yang harus dipelajari oleh ninja seperti seishin teki kyoyo alias pemurnian jiwa, tai jutsu alias bertarung dengan tangan kosong, shuriken jutsu alias jurus senjata lempar, shinobi iri alias ilmu mengintai dan menyusup, henso jutsu alias ilmu menyamar dan membaur, masih banyak lagi deh JBers ilmu-ilmu Ninjutsu lainnya.

Baju dan Peralatan Ninja (victoriainjapanland.blogspot.com)
Baju dan Peralatan Ninja (victoriainjapanland.blogspot.com)

Di Jepang, ada dua kawasan yang terkenal dengan ninja kelas kakapnya pada masa terdahulu, yakni kawasan Iga di Perfektur Mie dan kawasan Koka di Perfektur Shiga. Dahulunya di kedua kawasan ini pernah berdiri sekolah pelatihan Ninjutsu yang sangat terkenal di Jepang sehingga secara turun temurun kedua kawasan ini menjadi kawasan yang memiliki ninja yang sangat terlatih. Ada beberapa kelompok ninja yang paling terkenal dari Iga, yakni Hattori Hanzo, Momochi Tambanokami, dan Fujibayashi Nagatomokami. Makanya tak heran jika ada tokoh kartun ninja yang memiliki nama ninja Hattori.

Beragam Senjata Ninja (www.atlasobscura.com)
Beragam Senjata Ninja (www.atlasobscura.com)

Dikutip dari situs resminya www.iganinja.jp, museum ninja  ini dibagi menjadi lima bagian yakni, rumah ala ninja (Iga-ryu Ninja House), ruang pameran peralatan ninja (Ninja Experience Hall), panggung untuk menonton atraksi jurus ninja (Ninja Experience Plaza Show), ruang untuk memamerkan dan menjelaskan tentang tradisi-tradisi yang dimiliki oleh para ninja (Ninja Traditional Hall), dan tempat souvenir untuk kamu membeli oleh-oleh.

Berbagai macam peralatan ninja(www.tripadvisor.com, (www.vikipandit.com))
Berbagai macam peralatan ninja(www.tripadvisor.com, (www.vikipandit.com))

Masuk ke bagian dalam museum, kamu akan langsung melihat Iga-ryu Ninja House. Meski terlihat seperti rumah Jepang kebanyakan, namun jangan coba-coba untuk masuk sendirian ya JBers karena selayaknya rumah ninja, kamu akan menemukan banyak pintu rahasia untuk melarikan diri jika ada musuh, lorong palsu yang sengaja dibuat untuk mencegah aksi pencurian, aneka jebakan serta perangkap untuk mengecoh musuh, juga beragam ruang penyimpanan senjata di tempat-tempat yang tak akan kamu duga.

Tempat Persembunyian Senjata (goinjapanesque.com)
Tempat Persembunyian Senjata (goinjapanesque.com)

Beralih ke bagian lain, ada Ninja Experience Hall yang dipenuhi dengan barang-barang milik ninja. Ada lebih dari 400 senjata serta alat-alat yang digunakan oleh para ninja seperti pedang, senban shuriken (senjata lempar bintang), bo shuriken (paku lempar), rantai, dan masih banyak lagi. Lalu pada bagian Ninja Tradition Hall, kamu bisa mempelajari teknik-teknik dasar Ninjutsu yang akan dipandu oleh para pemandu museum. Jika kamu ingin melihat atraksi langsung ninja secara live, kamu bisa beranjak ke bagian Ninja Experience Plaza Show yang menyajikan atraksi ninja berpakaian hitam dengan kelihaiannya menggunakan aneka senjata ninja.

Pertunjukan Ninja (www.youtube.com)
Pertunjukan Ninja (www.youtube.com)

Sebelum pulang, kamu bisa mampir dulu ke bagian toko souvenir yang menyediakan peralatan khas ninja yang tak bisa kamu temui di tempat lain seperti, aneka kaos serta set permainan, alat serta kostum ninja yang bisa kamu jadikan oleh-oleh, dan masih banyak lagi. Untuk mencapai museum ninja, kamu bisa naik kereta dari Osaka dengan jarak tempuh sekitar kurang lebih 2 jam. Museum ninja buka setiap harinya kecuali tanggal 29 Desember -1 Januari mulai dari pukul 09.30 pagi hingga 16.30 sore. Untuk HTMnya kamu cukup membayar 700 Yen atau sekitar 80 ribuan untuk orang dewasa dan 400 Yen alias 50 ribuan untuk anak-anak. Selamat merasakan sensasi hidup bagai ninja ya JBers! (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak