Mau Main Pokemon Go? Baca Dulu 5 Hal Ini


Baru-baru ini banyak sekali pengguna smartphone di Indonesia yang bermain Pokemon Go. Meskipun belum dirilis secara resmi di Indonesia, tetapi sudah banyak cara yang disediakan untuk membuatmu bisa mengakses game keren yang dibuat oleh Niantic Inc. tersebut.

Sebelum bermain, ada baiknya kalau kamu memperhatikan 5 hal berikut ini, yang dilansir dari Duniakunet, Rabu (13/6/2016).

1. Tutorial permainan

Tutorial Pokemon Go (Duniaku)
Tutorial Pokemon Go (Duniaku)

Saat pertama kali bermain “Pokemon Go”, tutorial yang diberikan sangat minim. Karena itu, ini ada tutorial yang bisa kamu baca. Awalnya pemain bisa memilih dan mengkostumisasi karakter. Lalu pemain bisa memilih satu di antara tiga Pokemon yaitu Bulbasaur, Charmender, dan Squirtle. Bahkan jika tidak terhubung dengan GPS, game akan menjadi error, pemain tidak bisa menangkap salah satu Pokemon di awal. Sedangkan untuk menu â??Tips,â? kamu akan dijelaskan tentang kegunaan PokeStop untuk mendapatkan item seperti Poke Ball dan sebagainya, serta Gym untuk menguasai suatu wilayah.

Untuk menangkap Pokemon, pemain hanya melakukan swipe Poke Ball yang dimiliki secara tepat. Setiap Pokemon yang kamu tangkap akan melakukan perlawanan, jika mereka menang maka bisa kabur dari Poke Ball. Mereka juga bisa melarikan diri jika kamu tidak segera menangkapnya.

2. Berbeda seperti permainan Pokemon klasik

Pokemon Go (Duniaku)
Pokemon Go (Duniaku)

Kalau kamu biasa memainkan “Pokemon” di handheld NDS atau 3DS, maka “Pokemon Go” ini jauh berbeda dengan pendahulunya. “Pokemon Go” merupakan proyek game baru yang menggunakan teknologi Virtual Reality. Meskipun inti permainannya sama, mengkoleksi semua Pokemon yang ada (hanya dari generasi pertama game Pokemon), kamu tidak bisa melatih mereka. Bahkan untuk battle hanya bisa dilakukan di tempat tertentu saja. Pemain akan dilengkapi Pokedex masing-masing untuk mengetahui berapa jumlah Pokemon yang mereka miliki. Intinya, kamu harus menangkap Pokemon sebanyak-banyaknya.

3. Kamu harus keliling kota mencari Pokemon

Pokemon Go (Duniaku)
Pokemon Go (Duniaku)

Untuk bermain Pokemon Go secara tepat, kamu harus berkeliling kota. Cara yang tepat adalah menggunakan kendaraan seperti sepeda atau motor. Setiap sudut kota akan menjadi tempat tinggal Pokemon yang berbeda, jadi untuk mendapatkan jenis yang berbeda terpaksa kamu harus berkeliling kota. Kamu bisa melihat Pokemon apa saja yang berdiri disekitarmu dengan menekan menu di kanan bawah layar.

Selain itu, di kotamu pasti akan ada banyak PokeStop. Kamu bisa berhenti sejenak di PokeStop untuk mendapatkan berbagai perlengkapan gratis, seperti Poke Ball, Potion, Revive, dan juga Egg. PokeStop biasanya merupakan bangunan penting yang ada di kota, misalnya saja gereja, masjid, gedung pemerintah, hotel, tempat wisata, dan sebagainya.

4. Hanya terdapat 151 jenis Pokemon

Berbagai jenis Pokemon (Duniaku)
Berbagai jenis Pokemon (Duniaku)

Seperti disebutkan di atas, game ini hanya menyediakan jenis Pokemon dari generasi pertama saja. Totalnya akan ada 151 Jenis Pokemon yang bisa kamu koleksi, termasuk 5 Pokemon Legendary yang belum menampakkan wujudnya hingga saat ini. Kemungkinan besar Pokemon dari generasi berikutnya bakal muncul di update berikutnya.

5. Hati-hati di jalan

Rampok (Duniaku)
Rampok (Duniaku)

Karena game ini memerlukan navigasi secara real-time di dunia nyata, maka keselamatan pemain menjadi penting. Beberapa masalah yang sering terjadi adalah pemain tidak fokus pada kendaraan yang ia gunakan untuk berkeliling karena aplikasi ini. Sudah terjadi beberapa kecelakaan di luar negeri karena mereka kehilangan fokus berkendara. Lainnya, jika pemain menggunakan sepeda, motor, atau berjalan kaki harus waspada dengan orang asing di sekitar. Karena kesenjangan sosial di Indonesia cukup tinggi, bisa saja mereka akan mendatangimu dengan niat buruk seperti mengambil smartphone milikmu. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak