Perkembangan Game Pokemon dari Dulu Hingga Sekarang


Kamu sedang main “Pokemon Go”? Jika iya, mungkin ada baiknya kalau kamu juga mengetahui sejarah dari game “Pokemon” itu sendiri. Berikut sejarah dan perkembangannya seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Rupanya, konsep asli dari hampir semua game “Pokemon” adalah mengumpulkan serangga, yang merupakan hobi dari Satoshi Tajiri, game designer “Pokemon”, yang juga founder dari perusahaan pembuat video game “Pokemon”, Game Freak.

Satoshi Tajiri (Glogster)
Satoshi Tajiri (Glogster)

Dalam serial permainan video, kita harus berperan sebagai pelatih yang membangun dan membesarkan sebuah tim Pokemon untuk mengalahkan beragam tipe Pokemon yang dimiliki oleh pelatih rival atau saingan kita, selain untuk mengalahkan bermacam Pokemon liar dan pelatih-pelatih lainnya.

Layout game Pokemon kebanyakan adalah linear, dan mengelilingi sebuah region fiksi di dunia Pokemon. Di setiap game Pokemon, sudah berisi delapan master spesialis Pokemon yang kemudian disebut sebagai Gym Leaders (pemimpin jim).

Sebagai pelatih Pokemon, kamu wajib mengalahkan satu persatu pemimpin gym tersebut jika ingin mendapatkan lencana/pin yang kemudian bisa dpakai sebagai tanda masuk ke kejuaraan nasional Pokemon League (Liga Pokemon). Di mana di sana kita akan menantang empat sesepuh Pokemon yang kemudian disebut The Elite Four. Dan jika kita berhasil menang melawan Elite Four, kita akan dibawa untuk menantang Juara Regional, dan jika kita berhasil menang melawan Juara Regional, maka kita akan disahkan sebagai Juara Nasional dan berhak menyandang nama Pokemon Master.

Untuk perkembangan game “Pokemon” sendiri hingga kini sudah mencapai generasi ketujuh, yang hadir lewat “Pokemon Go” yang sudah kamu kenal dan mainkan. Mari kita lihat satu persatu game-game utama “Pokemon” yang sudah ada ini.

Pokemon Generasi Pertama

Pokemon generasi pertama (IGN)
Pokemon generasi pertama (IGN)

Pada generasi pertama ini, game yang pertama dikeluarkan adalah “Pokemon Red”, “Pokemon Blue” dan “Pokemon Yellow: Special Pikachu Edition” untuk mesin Game Boy buatan Nintendo. Game ini diluncurkan di AS pada 30 September 1998.¬†Generasi pertama Pokemon memperkenalkan 151 spesies (dari daftar National Pokedex, urutannya adalah dari Bulbasaur sampai Mew).

Pokemon Generasi Kedua

Pokemon generasi kedua (Marineford)
Pokemon generasi kedua (Marineford)

Generasi kedua (G2) dari “Pokemon” dirilis pada pertengahan 2000 dengan diluncurkannya “Pokemon Gold” dan “Pokemon Silver” untuk mesin Game Boy Color. Seperti versi sebelumnya, sebuah versi remake dengan nama “Pokemon Crystal” diluncurkan kemudian. Pokemon G2 memuat 100 spesies baru Pokemon yang dimulai dari Chikorita dan diakhiri dengan Celebi, sehingga menambah total jumlah Pokemon menjadi 251 spesies.

Pokemon Generasi Ketiga

Pokemon generasi ketiga (Amgamreviews)
Pokemon generasi ketiga (Amgamreviews)

Generasi ketiga (G3) Pokemon dimulai pada 2003 dengan dirilisnya “Pokemon Ruby” dan “Pokemon Sapphire” untuk Game Boy Advance dan dilanjutkan dengan dirilisnya remake versi G1 (Pokemon Red dan Blue) dengan nama “Pokemon FireRed” dan “Pokemon LeafGreen”, serta versi remake untuk Ruby dan Sapphire berjudul “Pokemon Emerald”. Di G3, Pokemon yang ditambahkan adalah 135 spesies baru (dimulai dari Treecko dan diakhiri oleh Deoxys), sehingga menambah jumlahnya menjadi 386 jenis.

Pokemon Generasi Keempat

Pokemon generasi keempat (Amgamreviews)
Pokemon generasi keempat (Amgamreviews)

Generasi keempat (G4) video game “Pokemon” dimulai pada 2006 dengan diluncurkannya “Pokemon Diamond” dan “Pokemon Pearl” untuk Nintendo DS (baik NDS Lite maupun DSi). Tahun 2010 kemudian diluncurkan pula versi remake dari “Pokemon Gold” dan “Pokemon Silver”, berjudul “Pokemon HeartGold” dan “Pokemon SoulSilver” yang juga dirilis untuk NDS. G4 mengambil setting cerita di region Sinnoh. Pokemon baru yang ditambahkan berjumlah 107 spesies (dimulai dari Turtwig dan diakhiri oleh Arceus), dan semakin menambah jumlah spesies Pokemon hingga angka 493 jenis.

Pokemon Generasi Kelima

Pokemon generasi kelima (Amgamreviews)
Pokemon generasi kelima (Amgamreviews)

Generasi kelima permainan video Pokemon dimulai pada 2010 dengan diluncurkannya Pokemon Black dan White untuk Nintendo DS (baik NDS Lite maupun DSi). G5 mengambil setting cerita di region Unova. Pokemon baru yang ditambahkan berjumlah 156 spesies (termasuk Pokemon event) dimulai dari Victini dan diakhiri oleh Genesect, dan semakin menambah jumlah spesies Pokemon hingga angka 649 jenis. Sekuelnya, “Pokemon Black 2” dan “Pokemon White 2” juga dirilis pada tahun 2012.

Pokemon Generasi Keenam

Pokemon X dan Y (Deviantart)
Pokemon X dan Y (Deviantart)
Pokemon OmegaRuby dan AlphaSapphire (Pokemondb)
Pokemon OmegaRuby dan AlphaSapphire (Pokemondb)

Pada 8 Januari 2013, Nintendo secara resmi mengumumkan “Pokemon X” dan “Pokemon Y” untuk Nintendo 3DS sebagai bagian dari permainan Pokemon generasi keenam (G6). Permainan tersebut memiliki grafis 3D dan dirilis di seluruh dunia secara bersamaan pada 12 Oktober 2013. Pada 7 Mei 2014, Nintendo mengumumkan untuk merilis versi remake dari “Pokemon Ruby” dan “Pokemon Sapphire” dengan nama “Pokemon Omega Ruby” dan “Pokemon Alpha Sapphire”.

Pokemon Generasi Ketujuh

Pokemon Sun dan Moon (Engadget)
Pokemon Sun dan Moon (Engadget)

Pada 27 Februari 2016, dalam rangka perayaan 20 tahun Pokemon, Nintendo mengumumkan bahwa mereka akan merilis “Pokemon Sun” dan “Pokemon Moon” yang akan dirilis pada akhir tahun 2016 dalam sembilan bahasa, yaitu Jepang, Inggris, Prancis, Italia, Jerman, Spanyol, Korea dan untuk pertama kalinya, bahasa Tiongkok.

Nintendo kemudian mengembangkan aplikasi game versi mobile “Pokemon Go”, yaitu game augmented reality di yang tersedia di Android dan iOS. Game ini menggunakan GPS, yang membawa pemain berjalan-jalan di dunia nyata menangkap monster virtual (avatar) yang menggemaskan, seperti Pikachu dan Jigglypuff, serta melatih mereka untuk bertanding. Sayangnya Pokemon yang tersedia dalam aplikasi ini hanya dari generasi pertama saja. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
31
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak