Stop Konsep Alay, Begini Seharusnya Acara Musik yang Berkualitas


Acara musik yang masih bertahan sekarang sepertinya sudah tidak menunjukkan acara itu sebagai acara musik. Sedikit hal yang menunjukkan identitas acara musik yang ada di TV itu hanyalah pemutaran video klip dan juga tangga lagu, itu juga sudah jarang. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, agar acara musik lebih berkualitas, sebaiknya konsep acara musik alay segera dihentikan, dan digantikan dengan acara musik yang memiliki unsur-unsur seperti berikut.

1. Pembacaan tangga lagu

Billboard (Kaskus)
Billboard (Kaskus)

Tangga lagu biasanya ditentukan dengan banyaknya request lagu di beberapa radio, iTunes terlaris, dan lain-lain. Request terbanyak akan berada di top list dan yang sedikit akan digantikan oleh new entry. Kegunaan tangga lagu sangat berpengaruh untuk si musisi ataupun pendengar. Karena dengan tangga lagu dapat memberi referensi tersendiri bagi para pendengar dan bagi musisi sendiri dapat memetakan warna musik apa yang sedang diminati para pendengar.

2. Live tanpa lip sync

Konser Nirvana (Kaskus)
Konser Nirvana (Kaskus)

Seringnya, acara musik menampilkan band atau penyanyi di atas panggung, namun bermodalkan lip sync hanya karena untuk mengurangi biaya produksi. Seharusnya yang terjadi adalah si musisi benar-benar memainkan tugas mereka, sehingga musisi dapat menunjukkan skill mereka dan tentunya musisi dapat beraransemen. Dengan aransemen musisi dapat menghilangkan kebosanan dengan lagu-lagu yang biasa mereka mainkan.

3. Review album

Album musik (Kaskus)
Album musik (Kaskus)

Sebuah lagu dan album tentunya memiliki maksud makna bagi sang pencipta. Dengan adanya review lagu dan album, para pemirsa yang awam dapat lebih tahu seluk beluknya, mulai dari latar belakang sampai tujuan lagu atau album tersebut tercipta. Dan dari musikalitas dapat memberi informasi genre, aransemen, bahkan alat musik yang dipilih. Secara tak langsung review ini dapat mempromosikan dari karya sang musisi itu sendiri.

4. Rekomendasi lagu

Rekomendasi lagu (Kaskus)
Rekomendasi lagu (Kaskus)

Rekomendasi ini penting, karena banyak juga lagu bagus yang justru berasal dari musisi-musisi baru. Dengan adanya rekomendasi lagu ini, diharapkan musisi senior maupun junior bisa mendapatkan tempat di hati para pendengarnya.

5. Talkshow musik

Talkshow musik (Blu-ray)
Talkshow musik (Blu-ray)

Dalam sesi talkshow tentunya perbincangan yang diutamakan mengenai musik dengan sang tamu. Musisi menjadi narasumber utama untuk dikuak segala macam informasinya
namun tetap dalam kode etik. Melalui sesi talkshow ini musisi dapat memberi tahu project terbaru mereka atau sekedar memberi tahu jadwal pentas mereka. Jadi buat para penggemar ini akan menjadi sesi yang mereka harapkan.

6. Host yang kompeten dalam musik

Jamie Aditya (YouTube)
Jamie Aditya (YouTube)

Host sebagai pengendali jalannya acara sangat penting dalam sebuah acara, karena host memandu kemana acara tersebut akan dibawa. Tentunya, sebagai host acara musik, kontennya harus yang berkaitan dengan musik. Wawasan bermusik host akan sangat padu dalam menggali informasi dari para narasumber. Acarapun takkan keluar dari pembahasan sekitar musik sehingga interaksi bisa berjalan dengan baik. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak