Mau Ciptakan Lagu? Ini Tips Bikin Lirik Ala Kunto Aji


Ketika kamu membuat sebuah lirik lagu, kamu tidak hanya menulis saja, tetapi kamu juga harus mengartikan sebuah lagu tersebut untuk apa lagu tersebut diciptakan dan kenapa kita harus memilah-milah kata agar membuat lagu tersebut menjadi hidup.

Kali ini, penyanyi dan pencipta lagu Kunto Aji (29) akan membagi tips bagaimana memperkaya referensi untuk penulisan lirik sebuah lagu.

Menurut dia, seseorang harus rajin membaca lirik lagu karya orang lain. “Kalau kalian ingin jago menulis lirik lagu, baca-baca lirik lagu orang lain,” kata Kunto dalam acara workshop musik Difabel Indonesia Mau Berkarya, di Grand Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari Kompascom, Rabu (20/7/2016). Bagi Kunto, dia sendiri merasakan betul manfaat sering membaca lirik lagu karya orang lain.

Kunto Aji (Semuabaca)
Kunto Aji (Semuabaca)

Untuk pendukung lainnya, pria yang lahir di Yogyakarta ini juga memanfaatkan puisi dan prosa. “Puisi atau prosa untuk memperkaya lagi. Sebenarnya semua orang itu bisa bikin lagu. Anak kecil umur tiga tahun pun juga bisa, karena ketika kita bersenandung na-na-na itu juga lagu kalian,” tuturnya.

Kunto menceritakan penulisan lirik salah satu lagu hits-nya, “Terlalu Lama Sendiri”, sebagai contoh. Ia menulis lirik lagu tersebut berdasarkan pengalaman dirinya dan teman-temannya.

“Buatlah lagu apa yang sudah dirasakan. Kalau orang (dalam keadaan) sendiri itu galau, belum tentu. Malah, ada orang yang sendiri tapi senang-senang aja,” ucapnya mencontohkan.

Menurut Kunto, sebuah lagu bukan hanya untuk didengarkan tapi untuk dimaknai juga. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak