Perbandingan Film Indonesia, Hollywood, Bollywood, Mandarin, Bagus Mana?


Hampir di tiap negara industri film menjadi salah satu industri yang terdapat persaingan sengit antar pelaku bisnisnya. Rumah produksi satu sama lain saling berlomba mengeluarkan karya-karya yang luar biasa demi meraup laba pasar yang melimpah.

Seperti yang kamu tahu, selain film Indonesia, ada juga film Hollywood dari Amerika Serikat, Bollywood dari India dan juga film Mandarin dari Tiongkok. Lalu, dari semua film-film itu, mana yang bagus? Berikut perbandingan sederhana dari masing-masing film, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Film Indonesia

Film-film Indonesia (Okedisini)
Film-film Indonesia (Okedisini)

Film-film Indonesia belakangan mulai dilirik masyarakat dunia terbukti dengan kesuksesan film “The Raid” di pasaran Amerika dan membuat beberapa aktornya di rekrut film-film produksi Hollywood. Berikut adalah fakta-fakta film Indonesia.

  • Banyak yang beranggapan kesuksesan film Warkop DKI dan film-film Rhoma Irama di tahun 70 dan 80-an adalah cikal bakal bergairahnya industri film di Indonesia ini.
  • Sayangnya pada tahun 2000an ke atas kualitas film Indonesia menurun. Hal ini dikarenakan ke-mainstream-an ide ceritanya yang kebanyakan horor padahal menjual sensualitas aktrisnya.
  • Namun sejak tahun 2010an industri film Indonesia mulai bangkit lagi dengan ide cerita yang lebih menarik dan luar biasa.
  • Belakangan banyak film Indonesia dibuat berdasarkan novel terkenal atau best seller. Fenomena ini bak pisau bermata dua. Di sisi lain bagus karena menghentikan tren film horor-sensual namun di sisi lain jika terus-terusan berdasarkan novel, masyarakat Indonesia lama-lama akan jenuh. Indonesia juga harus merambah ke bidang Visual Effect agar cerita lebih menarik.
  • Satu kelebihan film Indonesia adalah pesan dalam film yang lebih sampai ke penonton Indonesia, dikarenakan kesamaan bahasa dan budaya antar film dan penonton.

Film Hollywood

Film-film Hollywood (Isigood)
Film-film Hollywood (Isigood)

Setelah film Indonesia, ada film yang juga menjamur di Indonesia, yaitu film Hollywood. Hollywood sendiri sebenarnya adalah nama sebuah distrik di Los Angeles, Amerika Serikat. Namun masyarakat awam menamai semua film yang dari barat, entah itu dari Amerika, Inggris atau negara barat lain dengan sebutan Hollywood. Berikut beberapa fakta film Hollywood.

  • Visual Effectnya yang sangat bagus. Visual Effect memang seolah-olah menjadi barang jualan utama di film-film hollywood.
  • Cerita lebih beragam dibanding film-film di negara lain.
  • Kebanyakan film terlaris sepanjang masa berasal dari Hollywood, seperti misalnya film “Avatar” yang rilis pada tahun 2009.
  • Biaya produksi film Hollywood pun tak tanggung-tanggung, tercatat film “Pirates of The Caribbean : At World’s End” pernah didapuk sebagai film dengan biaya produksi termahal yang pernah dibuat karena menghabiskan dana tak kurang mencapai Rp 4,6 triliun. Dengan biaya sebesar itu, maka jelas kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Film Bollywood

Film-film Bollywood (Indicine)
Film-film Bollywood (Indicine)

Bollywood adalah singkatan dari Bombay dan Hollywood. Bollywood yang merupakan salah satu produsen film terbesar di dunia ini menjadi kebanggaan rakyat India. Berikut beberapa fakta Bollywood.

  • Durasi filmnya panjang. Kebanyakan film bollywood berdurasi lebih dari 2 jam.
  • Disisipi dengan nyanyian dan tarian. Inilah yang menjadi ciri khas film Bollywood yang masih tetap dipertahankan sejak dulu.
  • Dikarenakan adanya nyanyian dan tarian di hampir setiap filmnya, lagu-lagu OST film Bollywood pun tak jarang laris manis juga di pasaran, sebut saja lagu “Kuch Kuch Hota Hai” yang masih populer hingga kini.
  • Bollywood beberapa taun silam terkesan monoton dalam hal ide cerita. namun sekarang mulai beragam dengan film-film yang bertema seperti action, horor sampai fiksi ilmiah.

Film Mandarin

Film-film Mandarin (Theworldofchinese)
Film-film Mandarin (Theworldofchinese)

Negeri Tiongkok juga tak boleh diremehkan dalam persaingan industri film di dunia. Banyak aktor dan aktris dari Tiongkok, Hong Kong, dan Taiwan yang namanya sudah masyhur di dunia. Bahkan tak sedikit pula yang bermain di industri film Hollywood. Berikut beberapa fakta film Mandarin.

  • Konsisten dengan tema legenda asli dari negeri nya sendiri, seperti misalnya legenda Kera Sakti.
  • Hampir selalu ada adegan bela diri. Hebatnya kebanyakan aktornya juga benar-benar hebat dalam bela diri jadi bukan akting belaka ataun peran stuntman, terkecuali aktornya sudah berumur, seperti Jackie Chan.
  • Karena kerap memilih tema legneda maka film Mandarin kekinian butuh visual effect yang banyak, namun kualitas visual effectnya yang masih kalah dari milik Hollywood. Tetap saja, kualitas visual effect dari film Mandarin lebih baik dibandingkan film Indonesia.

Dari semua perbandingan itu, mana yang bagus? Semua tergantung dari selera penontonnya. Ada yang menyukai film Indonesia, namun tidak menyukai film lainnya, begitu juga sebaliknya. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selama tujuannya untuk menghibur, kenapa tidak ditonton saja semua film tersebut? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak