Mau Jadi Pembuat Film? Ini Tips-tips Bikin Film Pakai Kamera Smartphone


Jika selama ini kamu menggunakan smartphone milik kamu hanya untuk selfie atau bermain game, maka kamu belum menggunakan smartphone-mu itu secara maksimal. Kalau kamu termasuk orang yang gemar menonton film, maka kamu bisa mencoba untuk membuat film cukup dengan menggunakan perangkat smartphone kamu.

Hanya dengan menambahkan sedikit aksesoris, maka kamu bisa menghasilkan film dengan kualitas tak kalah dibandingkan film dengan biaya yang mahal. Untuk bisa demikian, berikut ada beberapa tips membuat film dengan menggunakan smartphone, seperti dilansir dari Sindonewscom, Jumat (22/7/2016).

1. Pakai smartphone dengan kualitas kamera minimal 5 MP

Ilustrasi rekam pakai smartphone (Smartmoviemaking)
Ilustrasi rekam pakai smartphone (Smartmoviemaking)

Langkah pertama adalah pastikan kamera smartphone kamu memiliki kualitas kamera minimal 5 MP. iPhone 4 sudah memiliki kamera yang cukup oke. Bagi pengguna Android pilihannya semakin luas, antara lain Xiaomi Mi 4, keluarga Sony Xperia Z, serta Samsung Galaxy S5.

2. Gunakan posisi landscape

Ilustrasi rekam pakai smartphone (Sindonews)
Ilustrasi rekam pakai smartphone (Sindonews)

Posisi terbaik untuk merekam video adalah landscape. Dengan posisi ini, gambar yang dihasilkan cakupannya lebih luas, dan hasilnya akan lebih baik ketika ditonton di layar lebih besar.

3. Pengambilan video tidak terlalu jauh dan jangan gunakan fitur zoom

Rekam band (Trendhunterstatic)
Rekam band (Trendhunterstatic)

Jaga jarak agar pengambilan video tidak terlalu jauh. Karena kemampuan menangkap suara smartphone terbatas. Selain itu, tempat untuk pengambilan gambar juga harus hening dan tidak berisik, karena akan sangat mengganggu hasil suara rekaman film. Usahakan untuk tidak melakukan zoom, karena justru mengurangi kualitas video. Lebih baik gunakan teknik zoom in atau out dengan mendekatkan dan menjauhkan objek dari kamera.

4. Pakai tripod

Tripod untuk smartphone (Cnet)
Tripod untuk smartphone (Cnet)

Gunakan tripod ketika mengambil gambar, agar lebih stabil dan nyaman dibandingkan tanpa menggunakan tripod.

5. Gunakan mic eksternal

Mic untuk rekaman (Legatomusiccenter)
Mic untuk rekaman (Legatomusiccenter)

Mic penting agar suara dapat direkam lebih jernih. Perangkat mikrofon eksternal banyak tersedia di pasaran dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Salah satunya iRig MIC bagi pengguna iPhone yang kualitasnya sangat baik.

6. Atur pencahayaan

Ilustrasi lampu (Alicdn)
Ilustrasi lampu (Alicdn)

Ada dua jenis pencahayaan alami (natural) dan pencahayaan buatan (artificial). Jika smartphone, disarankan untuk menggunakan pencahayaan alami. Usahakan pengambilan gambar dilakukan siang hari. Namun, sangat disarankan untuk tidak mengambil gambar dari jam 11 hingga 1 siang. Matahari tepat di atas objek akan menimbulkan bayangan. Jika terpaksa menggambil gambar pada malam hari, gunakan lampu seadanya. Seperti lampu belajar atau senter LED. Usahakan tidak memakai lampu senter warna kuning karena hasilnya gelap.

7. Edit video

Magisto (Contentxlator)
Magisto (Contentxlator)

Setelah selesai syut, tinggal mengedit. Aplikasi video editing di smartphone ada banyak pilihan, di antaranya iMovie, FiLMiC Pro, hingga iScope. Sementara untuk pengguna Android pilihannya ada Meipai, VidTrim, VideoShow, Magisto, Kinemaster, CuteCut, Vidstitch, Flipagram, dan VivaVideo.

Semoga tips ini bermanfaat. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak