Mesty Ariotedjo, Dokter Cantik Pendiri Donasi Pengobatan bagi Warga Kurang Mampu


Masih ada harapan dari Indonesia. Di tengah ketimpangan masyarakat kaya dan miskin yang main melebar, terselip kisah kedermawanan seorang putri dari Indonesia. Kisah kedermawanan ini datang dari seorang pekerja medis, dan berhasil mengundang decak kagum dunia. Namanya bahkan dibahas media bisnis ternama dunia, Forbes. Dia adalah Mesty Ariotedjo.

Menurut Forbes, Mesty adalah seorang pekerja medis di bagian pediatrik dari sebuah rumah sakit umum nasional di Jakarta. Di balik seragam putih, Mesty muncul dengan ide memulai sebuah yayasan yang bertujuan untuk menggalang dana untuk membantu warga Indonesia yang sangat miskin untuk membayar biaya perawatan kesehatan tahun lalu.

View this post on Instagram

@wecare.id x @hakimsatriyo x @optik_melawai

A post shared by Mesty Ariotedjo Juanda (@mestyariotedjo) on

Ide ini tercetus setelah dia menangani enam orang warga Flores yang sedang sakit, tapi tak mampu berobat pada 2012. Flores memang termasuk wilayah Indonesia yang tertinggal dalam ekonomi dan kesehatan. Menurut lembaga nirlaba asal Inggris, SOS Children’s Villages, diperkirakan sekitar 33 persen warga Flores tak memiliki akses ke pelayanan kesehatan.

“Tempat tidur rumah sakit hanya ada beberapa, tapi kecelakaan, stroke, dan kekurangan gizi di kalangan anak-anak merajalela di Flores,” kata dia seperti dikutip dari Dreamcoid, Senin (25/7/2016).

Gadis cantik berusia 27 tahun ini kemudian membentuk yayasan yang membantu mereka untuk membantu beban keuangan nasional untuk kesehatan dengan melakukan penggalangan dana. Yayasannya bernama WeCare.id.

View this post on Instagram

?

A post shared by Mesty Ariotedjo Juanda (@mestyariotedjo) on

Selanjutnya, Mesty akan memilih pasien yang layak menerima bantuan dan memberikan donor saluran yang dipercaya untuk membantu pasien. Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini tidak hanya mendirikan WeCare.id sebagai saluran donor, tapi juga menggunakan dirinya sendiri untuk membangun kepercayaan lewat platform crowdfunding. Tanpa kepercayaan, akan lebih sedikit lagi orang yang akan menyumbangkan uang.

Saat ini, dia berusaha keras di waktunya yang terbatas dengan tampil sebagai model iklan di televisi dan media online. “Melalui kekuatan media dan sekarang media sosial, saya menggunakan itu sebagai cara untuk mencoba mempertahankan diri saya sebagai orang yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya,” kata dia.

Yang menarik, ternyata selain berperan sebagai tenaga medis, Mesty juga pernah tampil sebagai pemain harpa. Tentu saja permainan harpanya bisa membius siapa pun yang melihatnya. Bahkan, dia pernah berkolaborasi dengan band Jabalrootz, proyek band sampingan Baim. Kamu bisa lihat videonya berikut ini.

Semoga semakin banyak wanita-wanita Indonesia yang bisa menginspirasi layaknya Mesty. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak