Perjuangan Mike Mohede dari Nol hingga Juara Indonesian Idol


Kabar duka dari dunia hiburan Indonesia kembali terdengar. Penyanyi jebolan Indonesian Idol, Mike Mohede, dikabarkan meninggal dunia hari Minggu tanggal 31 Juli kemarin akibat serangan jantung. Tentu saja banyak keluarga dan rekan-rekan Mike sesama musisi yang merasa kehilangan, termasuk Judika, yang pernah bersaing dalam ajang Indonesian Idol.

Lahir di keluarga nasrani yang taat, bakat dan kemampuan Michael Prabawa Mohede dalam bernyanyi ini disadari oleh almarhum ayahnya. Mike sendiri merupakan sepupu dari aktor dan penyayi top, Frans Mohede, yang lebih dulu mendulang sukses melalui grup bandnya bernama Lingua.

Mike Mohede (Warungsatekamu)
Mike Mohede (Warungsatekamu)

Sadar akan kemampuannya bernyanyi, Mike pun mencoba peruntungan mengikuti audisi di ajang Indonesian Idol musim kedua di Jakarta. Selama bertanding di kontes pencarian bakat bernyanyi tersebut, langkah Mike bisa dapat dikategorikan aman, sebab dalam tiap penampilannya, Mike hampir dipastikan menuai pujian dari juri. Dia hanya dua kali masuk dalam voting 3 terbawah pada babak spectacular show yang kedelapan dan kesembilan.

Dalam tiap kesempatan, juri terkesima pada anugerah Tuhan yang diberikan kepada dirinya melalui suaranya yang lembut dan begitu memanjakan telinga. Kesuksesannya bermusik memang patut diacungi jempol.

Akhirnya, sudah bisa ditebak, Mike menjadi juara dalam Indonesian Idol musim kedua itu, mengalahkan Judika. Sejak itu namanya semakin menanjak, hingga dirinya memutuskan untuk tak lagi menggunakan nama Mike Idol, dan menggunakan nama aslinya, yaitu Mike Mohede.

Kesuksesannya ternyata tak berhenti di situ. Setelah kemenangannya di Indonesian Idol, Mike terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang yang bertaraf internasional, Asian Idol, setelah sebelumnya mengalahkan Delon (Runner up Indonesian Idol musim pertama), Ihsan (Juara Indonesian Idol musim ketiga) dan Rini (Juara Indonesian Idol di musim keempat) dalam babak Choose Your Idol. Sayangnya, Mike harus rela menyerahkan gelar Asian Idol yang pertama pada Hady Mirza, juara Singapore Idol musim kedua.

Mike Mohede (Tribunnews)
Mike Mohede (Tribunnews)

Gagal di ajang pencarian bakat se-Asia itu, Mike tetap sukses di dunia musik Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya karyanya yang mampu menghibur para penggemarnya. Semasa hidupnya, Mike Mohede telah mengeluarkan tiga album berjudul “Mike”, “Kemenanganku”, dan “Kedua”. Single berjudul “Semua untuk Cinta” pada album perdananya sukses membuat nama Mike Mohede masuk ke dalam dua nominasi AMI pada tahun 2006 dengan kategori best male artist dan kategori best album RnB.

Selamat jalan, Mike. Karya-karyamu akan terus dikenang oleh para penggemarmu. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak