Salut, Pianis Cilik Asal Flores Raih Medali Emas Kejuaraan Dunia


Pianis cilik asal Indonesia yang mendunia ternyata tidak hanya Joey Alexander. Ada satu pianis cilik lain yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Dia bernama Canho, seorang pianis berumur 11 tahun yang telah tampil dalam festival musik tingkat dunia, World Championship of Performing Arts (WCOPA) di California, Amerika Serikat, bulan Juli lalu.

Pianis bernama lengkap Yohanes de Capsetrano Jambru Pasirua yang lahir di Maukaro, Ende, NTT, tanggal 24 November 2004 ini, berhasil mengharumkan nama NTT, bahkan Indonesia. Pasalnya, dalam ajang WCOPA tersebut, dia mampu membawa pulang 8 medali, yang lima di antaranya adalah medali emas.

Canho dan medali yang didapatkannya (IST)
Canho dan medali yang didapatkannya (IST)

Dilansir dari halaman Facebook resmi WCOPA, Rabu (3/8/2016), tampil di kategori Junior Instrumentaalist, Canho berhasil meraih lima medali emas untuk style Instrument Classical, Instrument Contemporary, Instrument Jazz, Instrument Open, dan Instrument Original Works. Sementara penghargaan pilihan Junior secara umum, Canho berhasil meraih penghargaan untuk untuk tingkat usia 11-15 tahun di kategori Instrument Contemporary, Instrument Jazz, dan Instrument Open.

Sebelumnya, ibunda Canho, Linda N Jambru, dalam percakapan via telepon dengan Valens Daki-Soo, Komisaris Utama PT Veritas Dharma Satya (PT VDS), menginformasikan bahwa Canho bersama enam konstentan dari negara Rusia, Rumania (dua peserta), Thailand, dan Canada sebagai finalis kompetisi internasional itu untuk kategori Junior Instrumentalist.

Menerima berita ini, tokoh NTT di Jakarta Gories Mere mengungkapkan rasa haru dan bangganya. “Thanks God. Anak ini luar biasa. Sungguh membanggakan,” ujar Gories.

Canho diarak saat kembali ke Flores (JawaPos)
Canho diarak saat kembali ke Flores (JawaPos)

Sebelumnya, Canho Pasirua sempat tampil dalam konser tunggal dalam rangka penggalangan dana di Musro, Hotel Borobudur Jakarta, Rabu, 29 Juni lalu. Penampilannya amat memukau di hadapan sejumlah tokoh seperti Komjen Pol (Purn) Gories Mere, anggota DPR RI dari Dapil Timor Victor Laiskodat, tokoh media massa nasional Karni Ilyas dan Primus Dorimulu, komisioner Komnas HAM Natalis Pigai, mantan Deputi Pencegahan BNN Yapi Manafe, pengusaha Ardy Supriyadi dan Mandra P Shakti dari Bumi Biru Group.

Semoga saja nanti prestasinya bisa terus bertambah, sehingga bisa menyamai prestasi Joey alexander untuk tampil dalam ajang bergengsi Grammy Awards.

Bagi kamu yang penasaran dengan permainan piano Canho, kamu bisa lihat video berikut ini.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak