Diciptakan Robot Pembalap Penerus Valentino Rossi


Balapan MotoGP di masa depan bisa jadi bakal diramaikan motor yang bisa jalan sendiri dan dikendalikan oleh robot pengemudinya. Prototipenya sekarang sudah ada yang dikembangkan Yamaha, dan digadang-gadang mampu menaklukkan si raja balap Valentino Rossi.

Dalam pembuatannya, Yamaha bekerja sama dengan perusahaan robotika SRI International yang berbasis di Silicon Valley, Amerika Serikat. Sepeda motor robot yang dinamakan Motobot ini ditargetkan bisa mengalahkan catatan waktu lap Valentino Rossi tahun 2017 mendatang.

“Target performa robot ini nantinya adalah ia bisa mengalahkan catatan waktu lap juara dunia MotoGP Valentino Rossi di sirkuit balap,” kata kedua perusahaan seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (16/8/2016).

Motobot dan Valentino Rossi (Autoevolution)
Motobot dan Valentino Rossi (Autoevolution)

Motobot memang dirancang mampu berjalan sendiri dengan kecepatan tinggi. Yamaha belum banyak membeberkan detail teknologinya, mereka hanya menyatakan kalau Motobot sepenuhnya otonom. Sebagian teknologinya mungkin akan dibenamkan di motor Yamaha masa depan.

“Kami ingin mengaplikasikan teknologinya untuk meningkatkan keamanan pengendara dengan menaruhnya di bisnis kami sekarang dan juga menggunakannya untuk memulai lini bisnis yang baru,” kata Yamaha.

Dalam video di YouTube, terlihat bagaimana Motobot bisa berjalan sendiri meski belum pada kecepatan sangat tinggi. Robot yang mengendalikannya tampak beberapa kali menarik gas. Penasaran seperti apa? Berikut videonya.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak