Pasoa & Sang Pemberani, Film Animasi Buatan Anak SMK Bertaraf Internasional


Ajang Popcon Asia 2016 yang dihelat di Jakarta Convention Centre (JCC) berakhir meriah. Deretan sineas tanah air dan animator di Asia menunjukan kemampuanya. Seakan tak mau kalah dengan produk luar, karya anak bangsa unjuk kebolehan.

Animasi “Pasoa & Sang Pemberani” salah satunya. Animasi karya RUS Animation Studio itu berhasil mencuri perhatian pengunjung selama 3 hari pada Jumat-Minggu, 12-14 Agustus 2016. Yang unik, rupanya animasi itu dibuat oleh siswa-siswa SMK RUS yang berjumlah 15 orang.

â?Proses pembuatan ‘Pasoa & Sang Pemberani’ oleh SMK RUS tentu membutuhkan waktu yang tidak singkat,â? ujar Daniel Harjanto, Technical Advisor SMK Raden Umar Said (RUS), Kudus, Jawa Tengah, seperti dikutip dari Jawaposcom, Kamis (18/8/2016).

https://www.youtube.com/watch?v=hgQDbcFN9h0

Film animasi 3D berjudul â??Pasoa & Sang Pemberaniâ? ini bercerita tentang seekor hewan mitologi bernama Pasoa, perwujudan dari perpaduan beberapa hewan di Indonesia. Ia hadir untuk melindungi kekayaan hayati negeri ini.

Kisah Pasoa, kata Daniel, diharapkan dapat mengenalkan lebih dalam tentang nilai-nilai kearifan lokal dalam menjaga alam Indonesia, sekaligus menyebarkan kekayaan dongeng tradisional yang berakar di masyarakat Indonesia.

�Film yang menjadi karya monumental dari para siswa RUS Animation Studio ini akan ditayangkan pada November 2016 mendatang,� katanya.

RUS Animation Studio mampu mengerjakan semua proses pengerjaan pembuatan animasi 3D mulai dari naskah, storyboard, desain karakter, hingga menjadi produk film lengkap dengan efek visual dan pencahayaan. Software yang digunakan yaitu Autodesk Maya, seperti yang dugunakan untuk membuat film animasi terkenal “Big Hero 6” dan “Good Dinosaur”.

Tidak hanya didukung studio dan software, perogram kejuruan animasi di SMK Raden Umar Said juga didukung paktisi yang dikenal dalam industri animasi, salah satunya pengajar yang berpengalaman di Walt Disney Animation Studio, yaitu Woody Woodman yang ikut membuat animasi “Mulan” (1998), “Tarzan” (1999), dan “Brother Bear” (2003).

Berikut ini video teasernya.

https://www.youtube.com/watch?v=lZ9JWHFSBlQ

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak