VIDEO: Evolusi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dari Dulu Hingga Kini


Lagu kebangsaan adalah salah satu wujud kemerdekaan sebuah negara. Indonesia punya lagu legendaris, dengan judul “Indonesia Raya” ciptaan Wage Rudolf Supratman. Lagu tersebut jadi identitas dan kebanggaan negeri kita.

Kita sering mendengar lantunan lagu kebangsaan kita itu dalam berbagai kesempatan, seperti misalnya saat upacara, atau saat sedang dilaksanakannya event olahraga. Namun tahukah kamu, kalau ternyata lagu “Indonesia Raya” yang kita kenal sekarang telah mengalami perubahan dari versi aslinya?

Embrio lagu kebangsaan kita pertama dibuat oleh W.R Supratman pada tahun 1926. Beliau merupakan seorang wartawan media cetak sekaligus seniman musik yang mahir memainkan alat musik biola. Lagu Indonesia Raya sendiri ditulis setelah ia menghadiri Kongres Pemuda 1 di Batavia.

Pada 1927, versi pertama lagu ini dicetak dalam piringan hitam, dengan aransemen orkestra yang bernuansa keroncong. Untuk versi ini bisa kamu dengarkan lewat video berikut.

Versi ini bertahan hingga akhirnya direkam ulang pada 1942 di akhir kependudukan Jepang di Indonesia. Saat itu “Indonesia Raya” berubah jadi lagu mars dengan tiga stanza, dengan lirik yang berbeda tiap stanzanya. Untuk mendengarkan versi ini kamu bisa tonton video di bawah.

Setelah itu, barulah pada tahun 1950, lagu ini kembali disempurnakan oleh orang Belanda (atau Belgia) bernama Jos Cleber. Setelah menerima permintaan Kepala Studio RRI Jakarta, Jusuf Ronodipuro, Jos Cleber pun menyusun aransemen baru, yang penyempurnaannya ia lakukan setelah juga menerima masukan dari Presiden Sukarno. Lagunya pun direkam di RRI Jakarta. Inilah lagu “Indonesia Raya” yang kita kenal sekarang, yang hanya menyanyikan satu stanza saja.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak