DuoSkin, ‘Tato’ Pintar untuk Kontrol Smartphone


Saat ini, tato hanya dianggap sebatas akesori untuk mempercantik kulit. Namun di masa depan, tato juga akan bisa digunakan sebagai ‘layar’ alternatif ponsel.

Kini, telah dikembangkan tato yang memungkinkan kita mengontrol ponsel dari jarak jauh. Selain itu tato digital tersebut bisa dijadikan touchpad dan dapat pula berbagi data melalui NFC.

Adalah para peneliti di Media Lab Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan peneliti dari Microsoft Research yang menciptakan tato interaktif tersebut. Mereka memberi temuannya itu dengan nama DuoSkin.

DuoSkin (DuoSkin)
DuoSkin (DuoSkin)

Dilansir dari situs resmi DuoSkin, disebutkan DuoSkin dibuat dari sirkuit software grafis yang kemudian ditutup dengan lapisan emas. Lapisan ini diklaim tahan lama dan aman bagi permukaan kulit. Selain itu harganya cukup terjangkau.

Ilmuwan telah membangun prototipe di mana tato terhubung dengan computer Arduino yang dipasangkan dengan aplikasi music streaming. Dengan menyentuh tato, pengguna bisa mengontrol aplikasi.

Mereka bahkan telah menciptakan tato yang bisa menunjukkan mood pengguna. Namun pengguna harus menekan tombol yang membuat tato menyala putih atau merah. Tato juga bisa mendeteksi temperatur tubuh sehingga akan menyala merah atau putih sesuai temperatur tubuh pengguna.

DuoSkin (DuoSkin)
DuoSkin (DuoSkin)

Kehadiran tato pintar ini cukuplah menarik. Tapi apa yang dilakukan peneliti Media Lab MIT dan Microsoft Research bukanlah yang pertama. Pada 2010, masiswa Carnegie Mellon bekerja sama dengan peneliti Microsoft mengembangkan teknologi seperti DuoSkin. Diberi nama Skinput, teknologi ini mampu mengubah pergelangan atau telapak tangan menjadi layaknya layar sentuh. Namun teknologi ini cukup mahal. Selain itu diperlukan perangkat yang bisa memproyeksikan interface ke permukaan kulit.

Skinput (Detik)
Skinput (Detik)

Semoga saja tato ini bisa dikembangkan lebih lanjut untuk memudahkan kita mengoperasikan smartphone kita. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak