Kisah Tontowi Ahmad, Anak Desa yang Tak Suka Bulu Tangkis itu Kini Mendunia


Tontowi Ahmad

Sosok Tontowi Ahmad pasti sudah tidak asing bagi penggemar bulutangkis. Atlit berusia 26 tahun tersebut berhasil meraih emas dalam Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro tepat pada tanggal 17 Agustus bersama rekannya Lilyana Natsir.

Ada kisah yang luar biasa di balik sosok yang hebat. Begitu pula yang terjadi pria yang akrab dipanggil Owi ini. Dulu anak laki-laki pasangan M. Khusni dan Masruroh hanyalah anak desa yang dari sebuah desa bernama Sumpiuh di Banyumas, Jawa Tengah. Namun, siapa sangka kini dirinya sukses dikenal dunia. Penasaran dengan kisah hidup sang legenda? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini kisah hidup Owi.

Anak nakal yang tak suka bulu tangkis

https://www.instagram.com/p/BIxZMHIAheX/

Owi ternyata disebut “nakal” oleh ayahnya dulu karena sangat sulit jika diminta berlatih bulu tangkis. Layaknya anak kecil pada umumnya, menurut sang Ayah jika tidak ada uang saat latihan, dia tidak mau berlatih. Awalnya memang sang Ayahlah yang semula sangat menyukai bulu tangkis dan ingin anak-anaknya, Maria Uswatun Hasanah, Yahya Hasan dan Tontowi Ahmad yang mau menekuni olahraga itu.

Meski nakal, sejak kecil pria yang lahir pada 18 Juli 1987 ini dikenal sangat menyayangi keluarganya. Ia juga dikenal sangat religius. Tak heran kebiasaan dari pebulutangkis ini adalah membaca Al- Quran.

Peran Sang Ayah

https://www.instagram.com/p/BJX935vgPkz/

Ayahnya membangun lapangan bulu tangkis di belakang Toko Bangunan Ragil miliknya, yang jaraknya sekitar tujuh kilometer dari tempat tinggal mereka. Dua anaknya, Yahya Hasan dan Tontowi Ahmad, yang waktu itu duduk di kelas enam dan tiga Sekolah Dasar, akhirnya mau berlatih bulu tangkis.  Namun Yahya jauh lebih rajin dan disiplin, bahkan kakak Tontowi itu pernah bergabung dengan Klub Pelita pimpinan Icuk Sugiarto. Sayang sang kaka mengalami sakit keras hingga harus berhenti.

Jadilah pundak bulutangkis jatuh di si bungsu yang tak lain adalah Owi. Butuh kesabaran ekstra untuk melatih Owi yang sebenarnya tidak menyukai bulu tangkis itu. Tontowi seringkali mengajukan banyak alasan untuk mangkir latihan. Hingga akhirnya Owi sadar dan mulai serius.

Beprestasi sejak SMP

https://www.instagram.com/p/BJSYsXdAEIj/

Mulailah ketika kelas satu SMP dia sudah berprestasi. Selepas SMP ia bergabung dengan Klub Argo Pantes di Tangerang dan kemudian dilirik Pusdiklat Gresik. Namun, karir bulutangkis Tontowi dimulai di Pelatnas. Ia selama ini menjadi pemain pelapis di Pelatnas utama ganda campuran.

“Sewaktu di Gresik itu saya sempat memutuskan berhenti saja dari bulu tangkis karena tidak punya pasangan,” kata Tontowi.

Ia pun akhirnya memutuskan untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Namun, suatu ketika ia ditawari oleh PB Djarum. Waktu itu pelatih ganda Deny Kantono menelepon Owi dan menawari untuk bergabung di Djarum. Tanpa ragu, tentu Owi mau.

Lima kali berganti pasangan

https://www.instagram.com/p/BJOFoEagK_Y/

Owi sudah sedikitnya lima kali gonta ganti pasangan sebelum akhirnya berduet dengan Liliyana Natsir. Owi pernah turun di beberapa kejuaraan dengan partner berbeda-beda antara lain Greysia Polii, Shendy Puspa Irawati serta Richi Puspita Dili. Bersama rekan-rekan sebelumnya, penyuka makanan Padang ini tercatat memenangkan beberapa pertandingan seperti Juara Vietnam Open Grand Prix 2007, Juara Vietnam Challenge 2009 dan Juara juara Vietnam Challenge 2009.

Sekarang, bersama Liliyana, pasangan duetnya sejak 2010, Tontowi sudah pula menjadi salah satu ganda campuran yang disegani lawan-lawannya dari berbagai belahan dunia, hingga sukses meraih emas di Olimpiade 2016 dan membuat orangtua bangga.

Membina keluarga kecil yang bahagia

https://www.instagram.com/p/BHg5AsnAWoh/

Tak hanya karir dalam dunia olahraga yang sukses, Owi pun sukses membina keluarga kecilnya. Ia punya seorang istri yang sangat cantik bernama Michelle Nabila Harminc. Dengan sang istri, Owi telah dikarunia seorang putra yang gembul nan lucu bernama Danish Arsenio Ahmad. Saat ini sang putra kesayangan telah berumur kurang lebih 15 bulan.

Michelle Harminc adalah gadis blasteran Jerman-Indonesia, yang telah dipersunting Tontowi Ahmad, pada hari sabtu 2 Agustus 2014 di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Sang istrilah yang selalu memberikan dukungan kepada suaminya dalam berkarir di pentas olahraga Bulu Tangkis.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak