Ini Dia Tokoh Superhero Marvel Asal Indonesia


Siapa yang tidak kenal dengan superhero dari Marvel? Dengan adanya film layar lebar dari superhero buatan Marvel, jelas semakin banyak yang mengenal tokoh-tokohnya, seperti Iron Man, Captain America, atau Thor. Rupanya, selain yang telah disebutkan tadi, ada satu tokoh yang menurut ceritanya berasal dari Indonesia. Dia adalah Komodo.

Komodo (Comicbookreligion)
Komodo (Comicbookreligion)

Bisa ditebak kalau nama Komodo diambil karena merupakan hewan asli Indonesia. Komodo sendiri muncul di beberapa komik “Avengers: The Initiative”. Mengingat semua superhero Marvel memiliki nama asli, seperti misalnya Iron Man yang bernama asli Tony Stark, lalu siapa nama asli dari Komodo ini? Ternyata, nama aslinya adalah Melati Kusuma.

Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, sosok Melati Kusuma dalam komik Marvel ini digambarkan sebagai seorang wanita dengan bentuk fisik tak sempurna diakibatkan oleh kecelakaan motor yang dialaminya. Melati harus merelakan beberapa anggota tubuhnya diamputasi, hingga ia hanya bisa duduk di atas kursi roda. Seperti kebanyakan tokoh-tokoh cerita Marvel, Melati pada akhirnya akan memiliki kekuatan super yang membuatnya menjadi salah satu tokoh super dengan kekuatan yang mengagumkan.

Melati yang dalam komik diceritakan dapat menuntut ilmu hingga Empire State University mendapatkan kekuatan super akibat dari meminum formula hasil dari rekayasa genetika hasil ciptaan Dokter Curt Connors. Kalau kamu merupakan penggemar Marvel, tentu kamu tahu Connors pada akhirnya menjadi salah satu musuh Spider-Man, yaitu Lizard.

Melati Kusuma dan Doc Connors (Marvel Wikia)
Melati Kusuma dan Doc Connors (Marvel Wikia)

Berbeda dengan Dokter Curt Connors, Melati yang kemudian memodifikasi terlebih dahulu formula tersebut justru pada akhirnya mampu mengendalikan efek samping dari formula tersebut, bahkan dirinya mendapatkan kembali kedua kakinya namun tetap dengan tubuh yang berubah menjadi reptil.

Kemampuan unik yang dimiliki Melati dengan kekuatan supernya ini adalah dapat menumbuhkan kembali bagian-bagian tubuh yang sebelumnya telah terpotong dan menghilang. Pada saat yang lainnya, ternyata Melati juga dapat dengan sesuka hati untuk memilih wujud menjadi manusia biasa atau reptil, meskipun dalam wujud manusia ia kembali akan kehilangan kedua kakinya.

Wujud manusia Melati Kusuma dalam komik (Marvel Wikia)
Wujud manusia Melati Kusuma dalam komik (Marvel Wikia)

Tak ada yang menyalahkan apa yang telah diperbuat Melati dengan meminum formula rekayasa genika tersebut, namun Dokter Connors sendiri menyarankan dan meminta Melati untuk menggunakannya dengan bijak dan bertanggung jawab. Dengan perubahan fisik dan kemampuanya tersebut Melati akhirnya dijuluki sebagai Komodo dan kemudian bergabung dalam program pemerintah yakni sebagai bagian dari The Initiative bersama banyak superhero lainnya, yang nantinya akan disebar ke berbagai negara dalam tujuannya membela kebenaran.

Dari sini, jelas Marvel telah mengakui negara Indonesia, dengan memasukkan tokoh asal Indonesia ke dalam komiknya. Kita patut bangga. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak