Tak Perlu Les Privat, 5 Situs Ini Bikin Kamu Lancar Casciscus Pakai Bahasa Inggris


Kurangnya penguasaan bahasa Inggris, membuat sebagian orang dihinggapi rasa takut lantaran tidak mampu bersaing secara global, atau menguasai teknologi yang sebagian besar literaturnya tersedia dalam bahasa Inggris. Sejatinya, semua orang modern memang wajib mengenal dan bisa bahasa Inggris.

Namun, palajaran bahasa Inggris di sekolah saja sangat kurang. Maka perlu pelajaran tambahan jika ingin lancar berbahasa Inggris. Sayangnya, biaya yang kamu keluarkan bisa jadi akan sangat mahal.

Gimana cara menyiasatinya? Manfaatkan saja teknologi yang kian modern. Kini sudah berjamur kok situs-situs yang siap membantumu meningkatkan skill-mu, terutama dalam berbahasa Inggris. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 situs yang siap bantu kamu makin lancar berbahasa Inggris, yuk tengok!

British Council

hipwee.com
hipwee.com

British Council adalah salah satu organisasi budaya Inggris yang bergerak di bidang pendidikan. Didirikan pada 1943 dan sudah ada di Indonesia sejak 1948, salah satu pelindungnya adalah Queen Elizabeth. Penggunanya berasal dari berbagai penjuru dunia dan paling digemari di Indonesia.

Di situs ini, kamu bisa menemukan berbagai fitur asyik untuk menambah skill-mu dalam berbasa Inggris, seperti video berbahasa Inggris yang disertai dengan transkripnya. Tak hanya itu, tepat di bawah videonya, kamu bisa klik task yang berisikan soal-soal yang berkaitan dengan tema video tersebut. Usai berselancar di British Council, dijamin kemampuan reading-mu naik kelas!

VOA Learning English

teknofans.com
teknofans.com

Situs ini jadi favorit semua kalangan karena penggunaannya yang mudah dan atraktif. VOA Learning English ini memiliki fitur audio dan video yang bisa diakses tanpa perlu registrasi. Nah, setiap artikel pada situs ini tersedia dalam bentuk audio dengan intonasi yang sedang sehingga kamu dapat mendengarkan kata demi kata yang dituturkan oleh pelafal lebih baik.

Artikel yang diangkat seperti bisnis, pendidikan, kesehatan, hiburan, ilmu pengetahuan dan teknologi ini membuat vocabulary English-mu pun akan semakin kaya. Di situs ini, kamu juga bisa mencoba latihan soal lewat menu Lessons yang terbagi dalam dua level: Level One dan Level Two. Setelah mahir, kamu dapat mencoba menu Practice, yang mewujudkan mimpimu berkomunikasi secara langsung dengan tim VOA Learning English melalui fitur TALK2US via Skype. Wah, seru banget, kan?

BBC Learning English

llv.edu.vn
llv.edu.vn

Sama halnya dengan VOA Learning English, kamu bisa belajar bahasa Inggris lewat sajian berita yang ditayangkan dengan audio dan video. Situs yang telah memiliki pengalaman selama 70 tahun ini memiliki pola pembelajaran bahasa Inggris lewat menu General & Business English, Grammar, Vocabulary & Pronunciation, Talking Sport, Quizzes.

Sajian menu-menu tersebut juga dikemas dengan interaktif. Jadi, usai mempelajari satu sesi, kamu bisa mencoba challenge atau tantangan untuk mengerjakan Practice Quiz yang dapat mengukur penguasaan materi yang telah kamu pelajari. Menariknya, di BBC Learning English ada menu Downloads untuk mendapatkan berbagai materi dalam bentuk audio, video maupun text yang akan sangat bermanfaat dipelajari di mana pun.

ESL at About

sur.ly
sur.ly

Masih mengandalkan bacaan artikel dalam bahasa Inggris, situs esl.about.com paling efektif. Sebab, ESL at About Education ini menyediakan artikel berbahasa Inggris dengan tema yang beragam yang tentu saja akan menambah wawasanmu dan menghilangkan rasa jenuhmu. Dari mulai artikel yang bertemakan sejarah, seni, hingga sains.

Fitur di situs ini pun terbilang lengkap, sesuai dengan mottonya yakni English as 2nd Language. Tak hanya berita yang menambah kemampuan reading dan speaking. Di situs ELS at About, kamu dapat menemukan tips and trick belajar bahasa Inggris.

Duolingo

manrepeller.com
manrepeller.com

Buat kamu yang masih pemula, situs ini cocok untuk meningkatkan kemampuan listening. Duolingo punya cara yang menarik untuk mengasah kemampuan listening-mu lewat latihan soal yang mengharuskanmu menebak sebuah kalimat yang diujarkan oleh naratornya. Jadi, kamu diharuskan menulis transkrip dari kalimat yang tengah diperdengarkan. Selain itu pada soal yang lain, kamu juga harus menebak terjemahan dari kalimat yang disediakan.

Duolingo menawarkan semua program bahasa secara gratis. Tak hanya bahasa Inggris, situs ini menawarkan pembelajaran 59 program bahasa yang berbeda di seluruh 23 bahasa di dunia. Duolingo pun sudah tersedia di iOS, Android dan Windows 8 dan 10 platform dengan sekitar 120 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia. Seru, kan?


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak