Metropolis, Film Fiksi Ilmiah Pertama yang Meramalkan Masa Depan


Berbicara tentang film sci-fi (science fiction) atau fiksi ilmiah, mungkin yang akan terbenak di pikiranmu adalah film “Star Trek”, “Star Wars”, atau film yang berhubungan dengan angkasa lainnya. Kini sudah banyak film Hollywood yang mengambil genre fiksi ilmiah, dan film-film itu harus berterima kasih pada film yang dirilis jauh sebelumnya, yaitu pada tahun 1927. Film itu berjudul “Metropolis”.

Poster film Metropolis (Wikipedia)
Poster film Metropolis (Wikipedia)

Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, film “Metropolis” merupakan film fiksi ilmiah pertama di dunia, yang berisikan tentang suasana futuristik sebuah kota atau teknologi maju yang belum pernah ada sebelumnya. Film ini merupakan perintis film-film fiksi ilmiah lainnya. Bahkan Christopher Nolan, sutradara film trilogi “Dark Knight”, mendapatkan inspirasinya dari film ini.

Ternyata, film fiksi ilmiah pertama di dunia ini bukan produksi Hollywood, melainkan produksi negara Jerman, dengan sutradara Fritz Lang. Yang namanya film jadul, jelas film ini masih dibuat dengan teknologi seadanya, bahkan film ini masih merupakan film bisu.

Adegan film Metropolis (Metropolis1927)
Adegan film Metropolis (Metropolis1927)

“Metropolis” berkisah tentang sebuah kota yang penduduknya tidak harmonis. Pasalnya, meskipun teknologi sudah maju, masih ada kesenjangan sosial antara yang kaya dan yang miskin. Kaum buruh bekerja penuh derita di dalam tanah, untuk menggerakkan mesin-mesin. Sementara kaum borjuis menikmati hidup yang nyaman di atasnya.

Gambaran kota Metropolis (kinescopemagz)
Gambaran kota Metropolis (kinescopemagz)

Metropolis dipimpin oleh seorang industrialis bernama Joh Fredersen (Alfred Abel), yang setiap waktu memandang gedung-gedung pencakar langit dari balik kaca di ruang kerjanya. Lanskap kota besar nan modern terpampang pada layar, lengkap dengan binar lampu-lampu dari papan nama hotel dan tempat-tempat hiburan, serta mobil-mobil yang menyemut di jalan.

Adegan film Metropolis (Movfreak)
Adegan film Metropolis (Movfreak)

Segalanya berjalan sesuai rencana Fredersen. Namun, kekacauan tiba-tiba muncul ketika para buruh melakukan aksi merusak mesin-mesin, lantaran terprovokasi dengan â??Mariaâ?, robot yang sengaja diciptakan oleh Rotwang, sang penemu. Maria sebetulnya hanyalah cyborg yang dibuat untuk mengenang Hel, istri Fredersen, karena memiliki perawakan yang mirip.

Suasana kota futuristik film Metropolis (Twitter)
Suasana kota futuristik film Metropolis (Twitter)

Maria yang sebenarnya adalah seorang perempuan suci yang selalu mengajak para buruh berpikir optimis akan masa depan yang cerah. Semua buruh percaya akan optimisme Maria, dan bahkan Freder, putra Fredersen, jatuh cinta kepadanya. Maria mengatakan kepada para buruh, bahwa Freder akan menjadi mediator mereka. Dia yang akan membebaskan mereka dari tangan penguasa yang otoriter.

Sangat menarik melihat bagaimana sineas di tahun 20an memaparkan gambaran masa depan yang ada dalam pikirannya. Yang cukup menarik adalah gambaran masa depan yang ada di film ini ternyata tidak jauh beda dengan apa yang sudah ada sekarang ini, misalnya gedung pencakar langit yang menjulang tinggi, monorail, hingga robot yang nampak seperti manusia meski pada kenyataannya robot zaman sekarang belum secanggih seperti yang ada di “Metropolis” tapi arah kesana sudah ada.

Adegan film Metropolis (Movfreak)
Adegan film Metropolis (Movfreak)

Kalau kita menonton film ini sekarang, mungkin tidak akan terlalu terasa nuansa futuristik dalam film ini, karena memang kecanggihan yang ditampilkan di film ini sudah banyak yang bisa kita temui sekarang. Tapi bagi penonton zaman dulu, hal ini tentu saja terlihat begitu unik sekaligus aneh. Rasa aneh tersebut terlihat dari fakta bahwa film ini tidak terlalu sukses secara komersil pada awal perilisannya karena dianggap terlalu aneh dan mungkin rumit.

Meskipun tidak semegah film fiksi ilmiah yang ada sekarang, tidak bisa dipungkiri kalau film “Metropolis” ini menjadi inspirasi bagi film fiksi ilmiah yang dirilis setelahnya.

Berikut video trailer dari film “Metropolis” yang sudah direstorasi.

https://www.youtube.com/watch?v=ZSExdX0tds4

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak