Ojek Khusus Difabel Pertama di Dunia Ada di Yogyakarta, Inspiratif!


Saat ini ojek berbasis aplikasi tengah menjamur. Di tengah menjamur ojek online ada alat transportasi serupa yang memberikan kenyamanan yang lebih untuk para difabel atau orang-orang yang berkebutuhan khusus.

Sebuah layanan ojek dirintis di Yogyakarta untuk menyediakan sarana transportasi yang nyaman untuk para difabel. Uniknya, para pengendaranya pun orang-orang yang punya kebutuhan khusus. Ojek khusus difabel pertama di dunia ini diberi nama Difa City Tour.

newshub.id
newshub.id

Dengan latar belakang keprihatinan lantaran transportasi umum yang tidak ramah bagi para difabel untuk beraktivitas, Triyono seorang pengusaha berusia 35 tahun, merintis layanan ojek untuk para difabel. Dilansir dari BBC Indonesia, Triyono sendiri diserang polio ketika kecil dan kemudian harus menggunakan dua tongkat untuk berjalan. Dia mengerti betul bagaimana susahnya ‘bertarung di jalan raya’.

BBCIndonesia
BBCIndonesia

“Hanya segelintir (bus) yang mau (berhenti). Belum lagi ketika kita turun, belum sempat kaki menginjak, (bus) sudah jalan. Berapa puluh yang jatuh? Saya juga pernah juga jatuh. Dari mana segi nyamannya untuk kita?” ungkap dia.’

Difa City Tour dan Transport dirintis Triyono sejak Desember tahun lalu dan kini telah mengoperasikan 15 motor yang dimodifikasi dengan tambahan bangku di samping. Layanannya tidak hanya terbatas untuk mengantar jemput para difabel, tetapi juga bisa mengantar orang-orang biasa dan turis untuk berkeliling Yogyakarta.

BBCIndonesia
BBCIndonesia

Layanan ini bertambah istimewa karena para pengendara juga orang-orang yang berkebutuhan khusus tetapi bisa lancar mengendarai motor dengan surat izin mengemudi khusus.

Dengan merekrut orang-orang dengan disabilitas untuk mengelolanya, Difa memberikan lapangan pekerjaan alternatif yang sebelumnya hanya bisa bekerja di sektor-sektor terbatas, seperti menjahit atau bertani. Luar biasa bukan?


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak