Kalahkan Abu Dhabi, Lombok Jadi Destinasi Wisata Halal Terbaik di Dunia


Keindahan alam Lombok ternyata mampu membawa Indonesia mendapatkan penghargaan kelas dunia. Lombok telah mengukuhkan diri sebagai destinasi World Best Halal Tourism dan World Best Halal Honeymoon yang diterima dari ajang kompetisi dunia The World Halal Travel Summit/Exhibition yang diumumkan di Uni Emirat Arab (UEA) pada 2015 lalu.

“Kami sudah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung wisata halal di Lombok. Contohnya adalah menyiapkan tempat tempat ibadah serta kuliner yang bersertifikat halal. Kami bekerja dengan MUI untuk memberikan label hahal untuk kuliner yang ada di Lombok. Dan ini sudah diatur dengan Pergub,” jelas Lalu M Fauzan, Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat, seperti dikutip dari Kompascom, Rabu (7/9/2016).

Pantai Kuta Lombok (Kompas)
Pantai Kuta Lombok (Kompas)

Lebih membanggakan lagi, rupanya Lombok mengalahkan negara lainnya dalam kategori yang sama, seperti misalnya Malaysia dan Thailand, yang sama-sama dari Asia Tenggara. Bahkan Abu Dhabi, yang merupakan tuan rumah perhelatan tersebut, juga berhasil dikalahkan oleh Lombok.

Lalu M Fauzan kemudian menjelaskan, dengan branding wisata halal, bukan berarti yang tidak halal dilarang, tetapi akan tetap berdampingan. Ia mencontohkan jika ada wisatawan yang memerlukan kebutuhan yang non halal bisa saja memesan pada restoran atau hotel. Hanya saja tidak akan tercantum pada menu makanan.

Pantai Kuta Lombok (Kompas)
Pantai Kuta Lombok (Kompas)

“Selain itu kamu juga memghimbau pengelola restoran dan rumah makan atau destinasi wisata lainnya untuk memberikan kebutuhan tempat ibadah sehingga tidak kesulitan jika akan beribadah. Yang konvensional masih bisa berjalan seperti biasa. Nanti akan dipisah,” ungkapnya.

Semoga Indonesia bisa mendapatkan lebih banyak lagi penghargaan kelas dunia, agar Indonesia bisa semakin dikenal dunia dari sisi yang positif. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak