Terungkap! Inilah 20 Foto Pertama dalam Sejarah Fotografi

Dunia fotografi telah dikenal sejak terciptanya kamera di awal 1800-an. Penggunaan kamera telah memungkinkan manusia untuk menangkap beragam momen historis di sekitar kita sejak zaman dulu.

Kini seiring perkembangan teknologi, kamera diciptakan semakin canggih dan serba praktis. Dengan kemudahan itu, tentu memotret pun bisa dilakukan kapan pun, di mana pun, dengan jumlah tidak terbatas. Apalagi dengan hadirnya media sosial, semakin mudah membagikan momen kepada orang lain.

Tapi tahukah kamu bagaimana hasil jepretan foto pertama kali? Nah, dilansir dari PetaPixel, ini dia 20 foto pertama dalam sejarah fotografi dunia.

1. Foto Pertama

process2_large-2

Foto pertama di dunia dibuat pada tahun 1826 oleh Joseph Nicéphore Niépce, sang penemu dan perintis dunia fotografi. Foto ini diambil dari jendela Joeniar Arief di wilayah Burgundy Perancis. Gambar ini diambil melalui proses yang dikenal sebagai heliography.

2. Foto Berwarna Pertama

Tartan_Ribbon-2

Ini adalah foto berwarna pertama yang diambil oleh fisikawan matematika, James Clerk Maxwell bersama Thomas Sutton sang penemu SLR yang bertugas sebagai penekan tombol shutter pada tahun 1861. Potret ini merupakan gambar busur tiga warna.

3. Foto Peluncuran Cape Canaveral Pertama

199728main_rs_image_feature_765_946x710-2

Fotografer NASA membuat foto pertama dari peluncuran Cape Canaveral pada bulan Juli 1950. Roket yang diluncurkan dikenal sebagai ‘Bumper 2’, yakni roket dua-tahap yang terdiri dari rudal V-2 dan roket WAC Kopral.

4. Fotografi Digital Pertama

firstdigitalphoto-2

Foto digital pertama ini pada tahun 1957, 20 tahun sebelum insinyur Kodak menciptakan kamera digital pertama. Gambar ini adalah potret anak dari Russell Kirsch yang memiliki resolusi 176 176.

# 5. Fotografi manusia pertama

Human-2

Sangatlah sulit untuk momotret manusia yang bergerak dengan kamera zaman dulu. Namun, Louis Daguerre berhasil memotret manusia pertama di jalanan Boulevard du Temple, Paris, Prancis. Prosesnya pun tidak mudah, Louis mengambil foto dalam waktu 7 menit dan hampir semua orang yang melintas tidak sempat untuk ditangkap ke dalam bingkai. Akhirnya ia berhasil memotret seorang pria berdiri yang tengah menyemir sepatu.

6. Foto Selfie Pertama

firstportrait-2

Sebelum tren selfie menjamur, seorang pria bernama Robert Cornelius telah menciptakan foto diri tahun 1839. Foto Cornelius yang tengah duduk di di Chestnut Street, Philadelphia ini menjadi foto selfie pertama di dunia dan menjadi salah satu foto paling ikonik.

7. Foto Hoax Pertama

firsthoax-2

Foto hoax alias foto tipuan ternyata pertama diambil pada tahun 1840 oleh Hippolyte Bayard. Bayard membuat foto dirinya yang tengah tenggelam dan berpura-pura menjadi mayat. Foto ini diklaim sebagai foto manipulasi pertama karena ia berusaha untuk membuat tangan hitam dan muka secara artifisial.

8. Fotografi Udara Pertama

04_03_2013_boston-air-e1365010217802-2

Saat ini, foto dari ketinggian sedang menjadi tren, apalagi dengan hadirnya kamera drone. Ternyata, foto udara pertama di dunia tidak diambil oleh pesawat tak berawak, lho, melainkan dengan balon udara pada tahun 1860. Potret ini menggambarkan kota Boston dari ketinggian 2.000 kaki oleh James Wallace Black yang berjudul â??Boston, as the Eagle and the Wild Goose See Itâ?.

9. Foto Matahari Pertama

first-solar-photo-haoucargm1845-sw-2

Foto pertama dari matahari diambil oleh Fisikawan dari Perancis bernama Louis Fizeau dan Leon Foucault pada 2 April, 1845. Mereka menggunakan proses Daguerreotype pada prosesnya dan berhasil mengabadikan gambar dalam 1/60 detik.

10. Foto Luar Angkasa Pertama

1stphotofromspacejpg__600x0_q85_upscale.jpg__800x600_q85_crop-2

Foto pertama dari angkasa diambil oleh roket V2 yang diluncurkan pada 24 Oktober 1946. Foto tersebut mengambil gambar bumi dari ketinggian 65 mil. Melalui roket tersebut, kamera 35mm diletakkan dan sukses mengambil detik demi detik roket meluncur ke angkasa bebas.

11. Foto Jurnalistik Pertama

Screen Shot 2015-05-22 at 4.34.41 PM-2

Dunia jurnalistik erat kaitannya dengan fotografi. Ternyata, foto jurnalis pertama di dunia diambil pada tahun 1847 melalui proses Daguerreotype. Foto yang diduga menjadi foto yang pertama diambil untuk berita itu menggambarkan seorang pria ditangkap di Perancis.

12. Foto Presiden Pertama

John Quincy Adams, Presiden keenam dari Amerika Serikat, menjadi presiden pertama yang fotonya diambil. Poret ini diambil pada tahun 1843, setelah Adams tak lagi menjadi presiden. Sementara itu, James Polk, presiden ke-11, menjadi presiden pertama yang difoto pada tahun 1849 dengan statusnya sebagai presiden.

13. Foto Petir Pertama

lightningphoto-2

Sejak dulu, petir ternyata telah menjadi subjek menarik yang diabadikan oleh para fotografer. Ternyata fotografer pertama yang mengambil foto adalah William Jennings pada tahun 1882. Jennings menyebut bahwa petir jauh lebih rumit dari yang diperkirakan.

14. Foto Kecelakaan Pesawat Pertama

firstplanecrashphoto-2

Foto bencana mungkin bukan hal yang menyenangkan, tapi kita bisa belajar dari kesalahan dari ini. Foto ini dari 1908 menampilkan kematian Aviator Thomas Selfridge, desain pesawat eksperimental oleh Asosiasi Eksperimental Aerial, yang merupakan bagian dari Angkatan Darat Amerika Serikat.

15. Foto Bulan Pertama

moon-first-dag-2

Foto pertama dari bulan diambil oleh John W. Draper pada 26 Maret, 1840. Foto ini diambil dari atap observatorium di New York University. Sejak saat itulah mulai bermunculan foto-foto yang diambil di observatorium.

16. Foto Landscape Berwarna Pertama

800px-duhauron1877-1-2

Lanskap berwarna pertama diambil pada tahun 1877 olehLouis Arthur Ducos du Hauron, seorang pelopor dalam fotografi warna dan dalang di balik proses yang menciptakan foto ini. Jepretan ini menggambarkan Perancis selatan dengan judul “Landscape of Southern France”.

17. Foto Pertama Bumi dari Bulan

153534main_image_feature_623_ys_full-2

Potret bumi dari Bulan ternyata diambil pertama kali pada tanggal 23 Agustus, 1966 saat A Lunar Orbiter bepergian di sekitar Bulan. Jepretan pertama ini kemudian diterima di Robledo De Chervil di Spanyol. Ini adalah orbit pesawat ruang angkasa 16 Lunar di sekitar Bulan.

18. Foto Tornado Pertama

00263310-2

Gambar ini merupakan portet Tornado yang diambil pada tahun 1884 diambil oleh seorang fotografer amatir. Dia bernama AA Adams, seorang petani buah lokal yang tinggal di Anderson County, Kansas. Ia merakit kamera kotak dan mengambil foto itu dengan jarak 14 mil dari lokasi tornado.

19. Foto Mars Pertama

mars

Hingga saat ini, Mars masih menjadi objek penelitian. Ternyata, gambar planet Mars pertama  diambil oleh Viking 1 tak lama setelah mendarat di planet merah. Foto ini diambil pada tanggal 20 Juli 1976, saat NASA memenuhi misinya untuk mendapatkan gambar resolusi tinggi dari permukaan planet.

20. Fotografi 3D Pertama

president-obama-3d-scans-2

Aahli komputer dari Smithsonian dan Institut USC untuk Creative Teknologi bekerja sama untuk mengambil Portrait 3D Presiden pertama. Potret dari Barrack Obama dimanfaatkan 50 array yang custom-built lampu LED, delapan kamera ‘sport‘, dan enam kamera wide angle. Kemudian, foto itu dari tiga dimensi dan menjadi foto 3D pertama dalam sejarah fotografi.

Written by Linda

fun-writer. joy-reader!

5 Keuntungan Punya Portfolio Sebelum Kamu Lulus Kuliah

Waspada 5 Tanda Kamu Sedang Dilanda Stress Berat