Siapa yang Pertama Kali Membangun Kabah?


Kamu tentu tahu Kabah yang menjadi kiblat umat Muslim dalam menjalankan salat. Namun tahukah kamu siapa yang pertama kali membangun Kabah? Berikut jadiBeirta jelaskan siapa yang membangun Kabah pertama kali.

Sebelum membahas Kabah, mari kita bahas terlebih dulu mengenai Mekkah, tempat dimana Kabah dibangun. Awalnya, Mekkah hanyalah sebuah hamparan kosong. Sejauh mata memandang pasir bergumul di tengah terik menyengat. Aliran air zamzamlah yang pertama kali mengubah wilayah gersang itu menjadi sebuah komunitas kecil tempat dimulainya peradaban baru dunia Islam.

Kabah (Aboutislam)
Kabah (Aboutislam)

Menurut diskusi para ulama, Kabah pertama kali dibangun oleh Nabi Adam. Disebutkan dalam kitab Araâ??is al-Majilis karya Al-Tsaâ??ibi, Allah mewahyukan kepada Adam: â??Aku memiliki tanah haram (terhormat) dalam posisi sejajar dengan singgasana-Ku (Arasy). Karena itu, datanglah ke sana dan berkelilinglah (Thawaf) sebagaimana dikelilinginya singgasana-Ku. Salatlah di sana sebagaimana dilaksanakan shalat di sisi singgasana-Ku. Di sanalah Aku memperkenankan doamu.â?

Keterangan ini menunjukkan bahwa Adam adalah pembangun Kabah pertama, lalu disempurnakan pembangunannya oleh Nabi Ibrahim dan Ismail. Posisinya sama seperti yang ada hingga saat ini.

Ismail, putra Nabi Ibrahim dan Siti Hajar, adalah yang pertama kali menyentuh sumber mata air zamzam dengan kaki mungilnya. Akibat penemuan mata air abadi ini, Siti Hajar dan Ismail yang kala itu ditinggal oleh Ibrahim ke Kanaan di tengah padang, tiba-tiba kedatangan banyak musafir. Beberapa memutuskan untuk tinggal, beberapa lagi beranjak.

Kabah (Cqmsjt)
Kabah (Cqmsjt)

Ibrahim datang dan kemudian mendapatkan wahyu untuk mendirikan Kabah di kota kecil tersebut. Kabah sendiri berarti tempat dengan penghormatan dan prestise tertinggi. Kabah yang didirikan Ibrahim terletak persis di tempat Kabah lama yang didirikan Nabi Adam, yang hancur tertimpa banjir bandang pada zaman Nabi Nuh.

Tercatat, 1500 SM adalah merupakan tahun pertama Kabah kembali didirikan. Berdua dengan putranya yang taat, Ismail, Ibrahim membangun Kabah dari bebatuan bukit Hira, Qubays, dan tempat-tempat lainnya. Selesai dibangun, Allah memerintahkan Ibrahim untuk menyeru umat manusia berziarah ke Kabah yang didaulat sebagai Rumah Tuhan. Dari sinilah, awal mula haji, ibadah akbar umat Islam di seluruh dunia.  (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
137
Love
OMG OMG
89
OMG
Yaelah Yaelah
116
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
130
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak