Cantik, Ini Dia Pilot Pesawat Termuda di Dunia

Gelar pilot termuda di dunia kini tengah disandang oleh seorang perempuan asal Carlisle, Inggris. Perempuan bernama Kate Mcwilliams yang masih berusia 26 tahun itu telah menjadi pilot di penerbangan komersil Inggris, EasyJet.

Menurut Kate, setiap hari banyak penumpang yang bertanya bagaimana bisa menjadi pilot wanita saat usianya masih sangat muda. “Menurutku, usia bukanlah halangan. Aku sudah melalui pelatihan dan lulus sama seperti kapten lain,” ungkap Kate seperti dikutip dari BBC, Kamis (29/9/2016). “Aku sudah membuktikan sendiri bahwa aku mampu tanpa memandang usia.”

Kate dan Luke (BBC)
Kate dan Luke (BBC)

Sebelumnya, Kate telah mengikuti sekolah penerbangan saat berusia 13 tahun. Enam tahun kemudian ia menjalani program pelatihan penerbangan CTC di Southampton. Kemudian ia mulai bergabung dengan maskapai EasyJet pada Mei 2011 saat menjabat sebagai perwira pertama. Kate baru saja meraih pangkat kapten dan mulai menjadi pilot.

Biasanya Kate menerbangkan pesawat Airbus A319 dan A320 ke 100 tujuan seperti Reykjavik di Islandia, Tel Aviv di Israel dan Marrakesh di Maroko. “Rute saya sangat bervariasi, sangat jarang saya menjalani rute yang sama dua kali dalam sebulan. Ini yang membuat profesi ini menjadi menarik,” ujar Kate.

Luke dan Kate (Stuff)
Luke dan Kate (Stuff)

Menurut Kate, semua wanita muda memiliki kesempatan sama untuk bisa menjadi seorang pilot. “Jadi menurutku wanita muda lain juga memiliki kemungkinan untuk mendapat kesuksesan sebagai seorang pilot di penerbangan komersil sepertiku,” kata Kate. “Saya akan mendorong perempuan untuk tertarik dalam penerbangan untuk berpikir tentang mengejar karier sebagai pilot, dan setiap pilot yang ada untuk mendorong diri mereka sendiri menjadi kapten,” lanjut Kate.

Dalam penerbangannya, Kate tak sendiri. Ia juga ditemani oleh ko-pilot termuda di dunia, Luke Elsworth yang masih berusia 19 tahun.

Kate dan Luke (Standard)
Kate dan Luke (Standard)

Dengan kehadiran Kate, bisa jadi nantinya akan lebih banyak lagi pilot pesawat wanita yang tak kalah kompeten dibandingkan pilot pria. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Nara Rakhmatia, Diplomat Cantik Juru Bicara Indonesia di PBB yang Jadi Berita

Kenapa Bulan Tidak Jatuh ke Bumi?