Cleopatra Ternyata Tidak Cantik?


Kisah tentang Cleopatra sudah demikian banyak, bahkan yang diangkat ke layar lebar pun tak kurang dari lima film. Pemerannya, mulai dari Elizabeth Taylor hingga Sophia Loren dan lain-lain. Semuanya menggambarkan tentang betapa cantiknya Ratu Mesir itu.

Ilustrasi Cleopatra yang cantik (Patamani)
Ilustrasi Cleopatra yang cantik (Patamani)

Namun, kenyataannya cukup berbeda. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, Cleopatra rupanya tidak memiliki wajah cantik bagai aktris Hollywood seperti yang kita kira selama ini. Hal ini terbukti dari koin yang digunakan selama masa pemerintahan Cleopatra.

Dalam satu set koin perak yang terbuat pada tahun 32 SM itu digambarkan kalau Cleopatra berleher besar dan panjang, dengan hidung bengkok. Diduga dia mewarisi hidung yang bengkok itu dari ayahnya, dan ciri khas ini semakin ditonjolkan dalam koin-koin yang diluncurkan belakangan. Bahkan, dari beberapa sumber Cleopatra juga tidak terlalu tinggi, yaitu hanya 1,5 meter saja.

Koin bergambar Cleopatra (Wikipedia)
Koin bergambar Cleopatra (Wikipedia)

Ahli sejarah kuno asal Yunani, Plutarch, yang juga menulis kisah hidup Archimedes, berada dalam posisi yang sangat tepat untuk melaporkan kecantikan Cleopatra, karena leluhurnya telah bertugas sebagai dokter sang ratu, dan deskripsi tangan pertama tentang Cleopatra telah diwariskan turun temurun kepada keluarganya.

Menurut Plutarch, Cleopatra sebenarnya tidak terlalu cantik. Kecantikannya sendiri, begitu yang dikatakannya, bukanlah jenis yang langsung memikat orang-orang yang melihatnya, tetapi dia luar biasa berwibawa, dan ada daya tarik dalam kepribadian dan cara bicaranya, bersama dengan kekuatan sifat yang meresap dalam setiap ucapan dan tindakannya dan memesonakan semua orang yang berhubungan dengannya. Dengan kata lain, kecantikan Cleopatra bukan terletak pada wajahnya, namun pada sifat dan kewibawaannya.

Kelebihan Cleopatra sehingga membuat orang lain terpikat padanya adalah mampu berbicara dalam sembilan bahasa, otaknya tajam, kharismanya kuat, kebijaksanaannya mengagumkan, berpendidikan tinggi, dan memiliki keagungan luar biasa sejak dini.

Patung Cleopatra (YouTube)
Patung Cleopatra (YouTube)

Meski tidak cantik, Cleopatra berhasil menguasai hati dua orang yang paling berkuasa pada masanya, yaitu Julius Caesar dan Markus Antonius. Caesar berkata, â??Tidak ada darah dalam venanya, selain darah matahari. Hathor yang manis tinggal dalam mata dan lesung lututnyaâ?.

Meski diketahui sosok wajah Cleopatra dalam koin, kita tak akan mungkin mengetahui wajah aslinya. Pasalnya, Napoleon merampas banyak harta karun dari Prancis, termasuk peti mumi Cleopatra. Sebagian besar harta karun itu dikembalikan ke Mesir, tetapi peti mumi Cleopatra secara tak sengaja tertinggal. Pada tahun 1940-an, para pekerja Prancis menemukan peti muminya, dan melemparkan isinya ke tempat pembuangan.

Bagi para wanita yang tidak beruntung dikaruniai tubuh langsing semampai, kulit putih cemerlang, dan wajah bersinar bagai bulan purnama, tak usah risau. Tirulah Cleopatra. Jadilah perempuan yang pandai, bijaksana, dan memiliki keagungan pribadi. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
63
Love
OMG OMG
52
OMG
Yaelah Yaelah
82
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
72
Keren Nih
Ngakak Ngakak
101
Ngakak