Ini Teknologi yang Bakal Tren Tahun 2017


Sekarang ini, perusahaan teknologi raksasa seperti Google, Microsoft, Facebook, Apple, dan Amazon, berlomba-lomba untuk bisa mengembangkan teknologi super canggih. Siapa yang bisa mengembangkan teknologi canggih, maka biasanya akan menjadi trend-setter dalam bidang teknologi.

Gartner, perusahaan riset teknologi informasi, telah mengungkapkan prediksi teknologi yang akan menjadi tren pada 2017. Apa saja? Berikut beberapa teknologinya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Artificial Intelligence

Kecerdasan buatan (Smart Tekno)
Kecerdasan buatan (Smart Tekno)

Dari beberapa produk teknologi sekarang ini, seperti robot atau gadget lainnya, telah disematkan Artificial Intelligence alias AI. AI ini disebut juga kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan ini, maka gadget yang kita pakai bisa memiliki keinginannya sendiri tanpa kita kontrol. Biasanya teknologi ini disematkan lewat produk robot berbentuk manusia.

2. Advanced Machine Learning

Advanced Machine Learning (Info World)
Advanced Machine Learning (Info World)

Machine Learning adalah cabang lanjutan kecerdasan buatan, yang mencakup sistem lebih canggih seperti mampu memahami, mempelajari, memprediksi, beradaptasi, dan berpotensi beroperasi secara mandiri. Machine learning ini diprediksi mampu mengubah perilaku masa depan, yang mengarah pada penciptaan perangkat dan program yang lebih cerdas.

3. Intelligent Apps

Intelligent Apps (Enterpreneur)
Intelligent Apps (Enterpreneur)

Kalau kamu pernah menonton film “Iron Man”, jelas sudah tidak asing dengan teknologi bernama J.A.R.V.I.S. Seperti itulah yang namanya Intelligent Apps. Dengan teknologi ini, pekerjaan kita sehari-hari dibuat lebih mudah, karena teknologi ini layaknya asisten pribadi kita. Gartner memperkirakan bahwa asisten masa depan berpotensi mengubah keadaan kantor dengan kemampuannya membantu mengerjakan tugas sehari-hari.

4. Augmented Reality (AR)

Pokemon GO (Newyorker)
Pokemon GO (Newyorker)

Masih ingat dengan “Pokemon GO”? Aplikasi permainan itu adalah salah satu yang menggunakan Augmented Reality atau AR. Teknologi ini menggabungkan benda maya dengan benda nyata yang ada di sekitar kamu, dan kemudian memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

5. Virtual Reality

PlayStation VR (Wearable)
PlayStation VR (Wearable)

Virtual Reality atau VR adalah teknologi yang mampu membangkitkan suasana 3D yang nyata, sehingga penggunanya merasa merasa seperti di dunia nyata meskipun lingkungan tempat dia berada sebenarnya adalah tidak nyata alias maya. Sudah banyak produk VR yang dirilis tahun ini, seperti Oculus Rift atau PlayStation VR. Meskipun saat ini teknologi iu masih dibilang belum maksimal, diperkirakan teknologi AR dan VR akan lebih berkembang dan jadi tren tahun depan.

6. Tato pintar Microsoft

Tato pintar (Gopego)
Tato pintar (Gopego)

Sejak dimulainya era Internet of Things, perangkat pintar semakin mudah ditemukan. Dimulai dari smartphone, smatwatch, smarthome, dan banyak perangkat lainnya yang dibuat semakin pintar. Uniknya lagi, mungkin akan ada tato pintar atau smart tattoo. Hal ini ditandai dengan adanya kerja sama antara ilmuwan Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan tim Microsoft. Mereka tengah mengembangkan tato yang bisa digunakan untuk mengendalikan perangkat pintar di sekitar kita. Tao pintar ini disebut dengan DuoSkin. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak