Mengapa Lukisan Mona Lisa Begitu Fenomenal?


Siapa tak tahu lukisan Mona Lisa? Lukisan yang dibuat oleh pelukis ternama Leonardo da Vinci pada abad ke 16 ini memang sangat fenomenal di dunia seni. Banyak orang yang terpesona kala melihat lukisan minyak dengan model seorang wanita muda ini.

Pernahkan kamu bertanya-tanya, mengapa lukisan ini amatlah fenomemal? Rasanya segala sesuatu yang berhubungan dengan lukisan ini, mulai dari model dalam lukisan, tahun pembuatannya, hingga makna senyumannya masih menjadi misteri.

Selain penuh misteri, berikut ini Jadi Berita sajikan 5 alasan mengapa lukisan Mona Lisa begitu fenomenal seperti dilansir dari berbagai sumber.

Detail yang sempurna

everypainterpaintshimself.com
everypainterpaintshimself.com

Leonardo da Vinci membuat lukisan Mona Lisa pada tahun 1503 â?? 1517. Seperti yang kamu lihat, sisi yang paling menonjol dari lukisan Mona Lisa ini adalah gambar seorang wanita. Potret perempuan ini amat menakjubkan. Leonardo da Vinci membuat lukisan ini dengan sangat detil dan proporsinya sempurna. Saking detailnya, jika kamu melihat lukisan Mona Lisa ini secara langsung, kamu akan berasa seperti melihat wajah manusia sungguhan.

Senyuman yang unik

italian-renaissance-art.com
italian-renaissance-art.com

Kamu pernah berpikir kalau senyum Mona Lisa ini amatlah unik? Jika ya, berarti kamu sama dengan para apresiator seni lainnya. Yup, banyak yang beranggapan kalau sunggingan senyum Mona Lisa ini sungguh unik. Beberapa spekulasi bermunculan tentang makna senyuman Mona Lisa.

Ada yang mengatakan bahwa senyum seperti itu mencerminkan kesan elegan dan misterius wanita-wanita pada awal abad ke-16. Lain hal dengan Sigmund Freud, seorang neurologis terkenal berkebangsaan Austria, mengatakan bahwa senyum Mona Lisa merupakan senyuman dari Caterina yaitu ibu dari Leonardo Da vinci.

Kerudung transparan

antaranews.com
antaranews.com

Mungkin kamu tak sadar kalau lukisan Mona Lisa dibalut kerudung hitam transparan di kepalanya lho. Ini adalah salah satu teknik melukis da Vinci yang sampai sekarang masih dikagumi oleh para seniman di seluruh dunia.

Background yang spektakuler

lessingimages.com
lessingimages.com

Jika diperhatikan, background lukisan Mona Lisa ini tampak surrealis. Padahal pada jaman ini tidak ada yang menggabungkan lukisan portrait dengan background surrealis. Davinci-lah pelopornya. Selain itu, jika diperhatikan lukisan ini fading ke blur, sehingga gambarnya tampak tajam di sosok Mona Lisa.

Fakta mengejutkan terkait background lukisannya itu adalah sebuah jembatan yang jika dilihat terlihat angka 72. Konon, jembatan ini adalah Bobbio di Italia yang pernah tersapu banjir pada tahun 1472. Selanjutnya, jika diperhatikan lagi, sudut kiri dan kanan jika disatukan ternyata itu nyambung. Sehingga kalau kamu mempunyai dua foto lukisan ini dan disatukan dari kiri ke kanan, maka background landscape menjadi satu. Wah, penikmat lukisan Mona Lisa bener-bener dimanjain oleh teknik melukis da Vinci, ya.

Misteri Self Potrait

iacpublishinglabs.com
iacpublishinglabs.com

Lukisan Mona Lisa ini amat revolusioner. Pada jaman pembuatan lukisan ini, umumnya sebuah lukisan portrait itu menggambarkan seluruh anggota tubuh si model, dari kepala sampai ujung kaki. Namun, da Vinci memutuskan untuk menggambar close-up setengah badan.

Konon, seperti yang diberitakan oleh National Geographic Channel, lukisan Mona Lisa ini adalah self portrait Da Vinci sendiri versi perempuan. Bahkan katanya saat Da Vinci melukis ini, dia menggunakan cermin di sebelah kanvasnya untuk melihat detail wajahnya sendiri. Ada yang juga beranggapan jika Mona Lisa merupakan asisten Davinci yang merupakan seorang pria bernama Gian Giacomo Caprotti. Memang sempat berhembus kabar jika Davinci seorang penyuka sesama jenis. Kamu percaya yang mana, JBers?

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
51
Love
OMG OMG
42
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
64
Keren Nih
Ngakak Ngakak
91
Ngakak