Surface Dial, Alat Pengganti Mouse Komputer di Masa Depan


Yang namanya komputer tak akan lengkap tanpa adanya mouse. Keberadaan dua benda ini memang tak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, akan ada alat yang lebih canggih buat menggantikan fungsi mouse. Alat itu dinamakan Surface Dial.

Surface Dial adalah sebuah alat ciptaan Microsoft. Dilansir dari PCWorld, Jumat (28/10/2016), alat ini sendiri telah diperkenalkan dalam acara peluncuran di New York, Amerika Serikat, hari Rabu lalu.

Produk yang dimaksudkan buat pengganti perangkat mouse ini diluncurkan sebagai pendamping komputer Surface Studio yang juga dirilis pada acara yang sama. Surface Dial merupakan alat input ke perangkat computer berbentuk unik. Perangkat ini berbentuk mirip dengan kepingan yang sering digunakan dalam permainan hoki. Sekilas, produk ini juga terlihat seperti speaker mini.

Surface Dial (Microsoft Store)
Surface Dial (Microsoft Store)

Yang unik dari Surface Dial ini jika dibandingkan dengan mouse pada umumnya yang ada sekarang ini adalah tidak tersedianya tombol yang bisa kamu tekan untuk mengoperasikan komputer. Untuk menggunakannya, kamu cukup menyentuh permukaan Surface Dial atau memutarnya ke kanan atau kiri. Microsoft membuat Surface Dial sebagai perangkat pengganti mouse yang bisa dipake untuk berbagai pilihan menu. Mulai dari mengatur tingkat kecerahan layar, hingga memilih warna pena aplikasi desain.

Perangkat Surface Dial sendiri bisa dihubungkan ke perangkat lain menggunakan koneksi Bluetooth. Jika perangkat ini disentuhkan ke layar Surface Studio, nanti bakalan muncul menu dalam bentuk cakram virtual. Kamu kemudian bisa mengakses berbagai perintah yang ada di cakram tersebut dengan cara memutarnya.

Surface Studio dan Surface Dial (Microsoft)
Surface Studio dan Surface Dial (Microsoft)

Sayangnya, Microsoft masih membuat Surface Dial ini bekerja penuh pada perangkat Surface Studio saja, meskipun masih bisa digunakan pada perangkat seperti Surface Pro 3, Surface Pro 4, dan Surface Book.

Selain masih berfungsi pada perangkat tertentu, harga dari Surface Dial ini juga masih tergolong mahal, yaitu USD 100 , atau setara dengan Rp 1,3 juta.

Terlepas dari eksklusifitas dan harganya, Surface Dial ini dinilai cocok dan akan memudahkan pekerjaan bagi kamu para seniman digital dan pekerja grafis.

Kamu bisa lihat video Surface Studio berikut ini.

Dan berikut ini adalah video dari Surface Dial.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak