Melihat Indahnya Kota Terbersih di Dunia


Semua orang tentu ingin tinggal di lingkungan yang bersih, agar sehari-harinya bisa hidup sehat, nyaman dan bebas penyakit. Berbicara mengenai kebersihan, banyak kota-kota di dunia ini yang berlomba-lomba untuk menjadi kota terbersih di dunia. Rupanya, gelar kota terbersih di dunia itu jatuh kepada kota Calgary di Kanada.

Padang rumput di Calgary (Gezi)
Padang rumput di Calgary (Gezi)

Kota ini memiliki tingkat kebersihan yang tinggi. Di kota kita tidak akan menemukan sampah berserakan. Kita juga tidak akan menemukan orang yang meludah sembarangan dan tidak ada poster-poster atau iklan kertas yang ditempel di jalanan. Sungai-sungai di sana bersih dan hampir tembus pandang.

Calgary juga berada di peringkat kelima (bersama Adelaide) dalam daftar kota paling layak huni di dunia tahun 2014. Daftar ini disusun oleh Economist Intelligence Unit (EIU).

Bagaimana bisa kota ini menjadi kota terbersih di dunia, padahal kota ini adalah pusat industri minyak dan gas di Kanada? Rupanya, Calgary telah melakukan perombakan besar-besaran. Calgary membuat langkah besar dalam hal sanitasi dan inisiatif lingkungan, yang tercermin dari sungai-sungai dan jalanan yang kian bersih. Denda dengan jumlah besar hingga ribuan dolar siap menanti penduduk yang menjatuhkan puntung rokok atau membuang sampah dari jendela mobil. Dengan demikian, jumlah orang yang buang sampah sembarangan drastis berkurang bahkan tidak ada.

Selain menjadi kota terbersih di dunia, Calgary juga memiliki sejumlah fakta menarik lainnya. Salah satunya adalah kota ini dipimpin oleh walikota muslim bernama Naheed Kurban Nenshi. Pria kelahiran 3 Februari 1072 itu merupakan orang muslim pertama yang menjadi walikota di Kanada.

Fakta menarik lainnya, kota ini punya pertunjukan Calgary Stampede yang dianggap sebagai pertunjukan outdoor terbaik di bumi. Di acara yang diselenggarakan selama 10 hari ini kita bisa menyaksikan pertunjukan atau kompetisi rodeo terbesar di dunia, konser, hiburan, eksibisi, pameran dan parade.

Apakah kamu ingin tinggal di kota ini? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak