FOTO: Berbagai Jenis Angkot di Indonesia, dari yang Klasik Sampai yang Unik


Ilustrasi

Angkutan Kota alias angkot masih menjadi transportasi andalan masyarakat Indonesia. Tidak seperti bus yang mempunyai halte sebagai tempat perhentian yang sudah ditentukan, angkutan kota dapat berhenti untuk menaikkan atau menurunkan penumpang di mana saja.

Tarif yang dibebankan kepada penumpang bervariasi tergantung jauhnya jarak yang ditempuh. Umumnya sebuah angkutan kota diisi oleh kurang lebih 10 orang penumpang, tetapi tidak jarang penumpangnya hingga lebih dari 10 orang. Jalur operasi suatu angkutan kota dapat diketahui melalui warna atau kode berupa huruf atau angka yang ada di badannya.

Keberadaan transportasi ini mulai diperkenalkan di Indonesia sejak zaman Jepang, tepatnya tahun 1943. Pada kala itu angkot dikenal dengan nama Jawa Unyu Zigyosha, berupa truk atau sejenis dokar yang menjadi asal mula Damri.

1. Ini Jawa Unyu Zigyosha

2. Mikrolet dari Jakarta

okezone.com
okezone.com

Mikrolet sudah dikenal di Jakarta pada akhir tahun 1970-an untuk menggantikan oplet yang sudah dianggap terlalu tua, terseok-seok jalannya, dan sering mengalami gangguan mesin, sehingga mengganggu kelancaran lalu lintas. Nama “mikrolet” dipilih sebagai singkatan gabungan dari kata “mikro” (Bahasa Latin : kecil) dan “oplet”. Tetapi ada juga yang menyebut “angkot” untuk di beberapa daerah.

3. Sudako dari Medan

 

Instagram
Instagram

Sudako adalah angkutan umum Kota Medan yang masih eksis sejak sampai sekarang. Angkutan ini biasanya menggunakan tipe Hijet 55, Daihatsu S38, Daihatsu Hijet 55 Wide, dan Daihatsu Hijet 1.000. Jenis Sudako di Kota Medan satu diantaranya tipe Daihatsu S38, mesin 2 tak, kapasitas 500 cc atau biasa disebut â??Daihatsu Truntungâ??.

4. Lyn dari Surabaya

panduanwisata.id
panduanwisata.id

Tak berbeda jauh dengan Mikrolet yang ada di Jakarta, Lyn menjadi favorit masyakarat Surabaya yang hendak bepergian. Angkutan kota ini masih menjadi angkutan paling ekonomis dan rute yang dilalui cukup banyak (57 rute) serta bisa mencapai ke jalan-jalan yang kecil.

5. Angkot Furtuner dan Pajero dari Papua

detik.com
detik.com

Daerah Papua dikenal memiliki letak geografis berbukit dan keterbatasan akses jalan. Untuk mengantarkan penumpang dari dan menuju kota di Papua harus menggunakan kendaraan dengan ukuran besar. Maka tak Heran, bila alat transportasi darat di Papua memakai kendaraan cc besar seperti Toyota Fortuner, Toyota Hilux, Mitsubishi Strada hingga Mitsubishi Pajero.

Seperti dikutip dari Detik, kendaraan yang terbilang ‘mewah’ bagi warga ibu kota ini, menjadi alat transportasi harian di Sorong, yakni menghubungkan Kabupaten Sorong Selatan-Kota Sorong di Provinsi Papua Barat sepanjang 175 kilometer (km). Keren ya?

6. Angkot mewah di Padang

penulispro.com
penulispro.com

Beberapa kota di Indonesia memang sudah sering memodifikasi angkot sedemikian rupa sehingga tampilannya menjadi unik, dan menjadi daya tarik tersendiri untuk para penumpangnya. Di Kota Padang misalnya, banyak dijumpai angkot yang telah dimodifikasi dengan berbagai model, warna, sampai interiornya pun diubah total. Inilah salah satu hal yang dikenal dari Kota Padang. Di sinilah banyak berkeliaran mobil angkot yang unik dengan interior mewah, seperti dilengkapi sound system, LCD TV, hingga CCTV. Unik ya?


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
61
Love
OMG OMG
51
OMG
Yaelah Yaelah
81
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
71
Keren Nih
Ngakak Ngakak
103
Ngakak