VIDEO: Lagu Nasi Goreng, Ungkapan Rindu Wanita Belanda Terhadap Indonesia


Beberapa waktu lalu seorang bule menyanyikan lagu berjudul ‘Nasi Padang’ langsung menghebohkan jagat maya Tanah Air. Sosok pria bule yang ganteng bernama Audun Kvitland Rostad ini melantunkan puja-puji terhadap kuliner khas Indonesia ini.

Padahal jauh sebelum lagu ‘Nasi Padang’ menjadi populer ada pula warga negara asing yang menyanyikan lagu bertema kuliner Indonesia, salah satunya berjudul Geef Mij Maar Nasi Goreng” yang artinya Beri Saja Saya Nasi Goreng.

Lagu tersebut diciptakan pada tahun 1979 oleh seorang perempuan warga negara Belanda bernama Louisa Johanna Theodora “Wieteke” van Dort atau Tante Lien. Sampai sekarang lagu berbahasa Belanda tersebut masih didendangkan sebagai lagu nostalgia di Indonesia dan Belanda.

Menariknya, lagu ini tercipta dari kerinduannya akan Indonesia. Yup, ternyata meski Wieteke berdarah Belanda, ternyata ia adalah seorang kelahiran Indonesia. Ia lahir di Surabaya, 16 Mei 1943 dan menghabiskan masa kecil hingga remajanya di Bumi Pertiwi.

Melansir dari GoodNews From Indonesia, saat Wieteke berusia 14 tahun, ia bersama keluarganya melakukan liburan ke Belanda. Namun kebijakan nasionalisasi perusahaan Belanda oleh Presiden Soekarno membuat ia dan keluarganya akhirnya tidak bisa kembali lagi ke Indonesia. Wieteke yang tidak menyukai iklim di Belanda akhirnya mengekspresikan kerinduannya pada Indonesia lewat kesenian, salah satunya lagu.

osmd.com
osmd.com

Dalam Geef Mij Maar Nasi Goreng Wieteke mencurahkan rasa rindunya pada Indonesia. Dalam lagu ini pula Wieteke mengakui bahwa ia amat tidak menyukai udara di Belanda yang sangat dingin, makanannya yang juga tidak disukainya.

Tak hanya nasi goreng, Wieteke juga mengutarakan rasa rindunya terhadap makanan Indonesia lainnya, seperti lontong, sate babi, makanan pedas dan beragam camilan khas Indonesia lainnya. Di bait ketiga dari lagu yang diberi nada keroncong ini, terdapat lirik yang menceritakan bahwa ia telah beradaptasi dengan masakan รข?? masakan Belanda. Namun apapun itu, nasi goreng tetaplah yang terbaik.

Wah, kamu yang tinggal tentu mesti berbangga dong bisa menikmati makanan itu setiap hari. Kamu mau tahu gimana lagunya? Ini dia videonya.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak