FOTO: Cantiknya Sudut Jakarta yang Kini Penuh Gedung Pencakar Langit di Masa Lalu


Di masa kini Jakarta memang sudah padat, bising dan macet. Gedung pencakar langit ada di mana-mana, transportasi kian modern dan masyarakatnya pun terus tumbuh mengikuti zaman.

Namun, siapa sangka jika sudut-sudut Jakarta yang sekarang penuh dengan gedung-gedung perkantoran, di masa lalu masih tampak damai. JadiBerita telah merangkum foto-foto Jakarta tempo dulu yang diambil dari akun Twitter @JakartaDuluKala, yuk lihat!

1. Jalan Pasar Senen

Gambar tersebut merupakan suasana Pasar Senen tahun 1974. Belum seramai dan sepadat sekarang, Plaza Atrium pun masih dalam angan-angan. Sekarang begini pemandangan Jalan Pasar Senen.

2. Jalan Jenderal Sudirman

Jalan Jenderal Sudirman termasuk salah satu jalan protokol di ibu kota. Di sini memang banyak gedung-gedung perkantoran. Beda banget kan sama pemandangan Jenderal Sudirman pada tahun 1968 di atas? Gambar ini diambil saat Wisma Nusantara masih tahap pembangunan.

3. Stasiun Kota

Siapa tak terpana melihat cantiknya pemandangan Jakarta di masa lalu? Foto ini diambil di kawasan Stasiun Jakarta Kota pada tahun 1972. Beda kan sama sekarang?

4. Stasiun Gambir

Stasiun Gambir merupakan stasiun utama dan terbesar di Jakarta. Sejak dulu stasiun yang berada di Jakarta Pusat ini telah dibangun pada dasawarsa 1930an, tapi baru dibangun secara besar-besaran mulai tahun 1990an. Nah gambar di atas diambil pada 1939.

5. Kawasan Harmonie, Jakarta Pusat

Mungkin kamu tak percaya bahwa gambar di atas merupakan kawasan Harmonie yang sekarang. Sebab, gambar di atas kawasan Harmonie lengkap dengan gedung Harmonie-nya tahun 1890 – 1920. Adapun Gedung Harmonie tersebut sudah dirobohkan pada tahun 1985.

6. Kali Besar Jakarta Kota

Dulu Jakarta punya kali yang sangat bersih. Tak hanya bisa dipakai berenang anak-anak, ibu-ibu pun berani mencuci pakaian mereka di kali. Seperti pada potret di atas tampak beberapa warga mencuci di sepanjang Molenviet atau Kali daerah Kota pada tahun 1925-1940. Kira-kira kalau sekarang mereka mencuci di sini:

7. Kawasan Megaria

Megaria merupakan sebuah gedung bioskop bersejarah yang dibangun pada tahun 1932 dengan nama Bioscoop Metropool, sesuai dengan ejaan bahasa Belanda pada waktu itu. Kini, kawasan Megaria dikenal dengan Bioskop Metropole di Kota Jakarta. Kalau potret di atas merupakan pemandangan Megaria pada tahun 1980an, begini penampakannya di masa kini:

Blogspot
Blogspot

8. Pecinan, Glodok.

Glodok merupakan sebuah kawasan pecinan atau dikenal juga sebagai China Town. Seperti diketahui kawasan pecinan merupakan titik konsentrasi bagi para etnis Tionghoa masa lalu ketika merantau dan mendiami sebuah lokasi. Gambar di atas merupakan pemandangan kawasan Pecinan Glodok pada tahun 1953-1960.

9. Pasar Blok M, Jakarta Selatan

Pasar Blok M sudah dibangun pada tahun 1950 sebagai pusat bisnis dan Hiburan. Namun, Plaza Blok M sendiri baru diresmikan oleh mendiang Ibu Tien Soeharto pada 30 Mei 1991. Hingga kini, Pasar Blok M masih menjadi pusat perbelanjaan paling ramai dikunjungi.

10. Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Dukuh Atas adalah nama perkampungan yang terletak di sudut barat daya Kecamatan Menteng. Lokasinya sangat strategis, berada di dekat pusat bisnis Jakarta, di selatan Bunderan HI. Gambar di atas diambil pada tahun 1971.

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak