Menikmati Suasana Pantai yang Eksotis di Watu Karung Pacitan, Cocok Buat Surfing

Selain Pantai Klayar yang sangat mempesona, ada satu pantai lagi di sekitar Pacitan yang sangat memukau dan sayang untuk dilewatkan, yaitu Pantai Watu Karung. Pantai ini dikenal dengan ombak yang besar dan jadi tempat tujuan yang wajib dikunjungi para pecinta surfing alias selancar.

Terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkulu, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, posisi Pantai Watu Karung menghadap langsung ke Samudera Hindia, maka nggak heran jika ombak di pantai ini cukup besar. Ombak di Pantai Watu Karung bisa mencapai ketinggian hingga empat meter dengan tipe ombak reef break, yakni tipe ombak yang sangat disukai bagi para peselancar.

Tahun 2009 lalu, peselancar top Indonesia, Rizal Tanjung, mengajak Bruce Irons, juara Rip Curl Pro Search 2008, menjajal dan membuktikan bahwa ombak Pantai Watu Karung adalah ombak kelas dunia.

Pantai Watu Karung (Instagram)

Pantai Watu Karung sendiri terbagi menjadi beberapa bagian yang bisa dikunjungi. Pantai bagian barat merupakan tempat yang cocok untuk pelancong yang suka bermain pasir atau sekadar bermain air. Waktu yang bagus untuk menikmati pemandangan di sini yaitu pada sore hari saat air laut surut dan meninggalkan beberapa biota laut serta batu karang yang bagus di beberapa lubang karang.

Di bagian lain pantai ada juga yang dikenal sebagai bagian Tempat Pelelangan Ikan (TPI), bagian ini merupakan tempat transaksi jual beli ikan yang dilakukan oleh para nelayan setempat. Kamu juga bisa membeli ikan segar di sini dengan harga yang lebih terjangkau sebagai oleh-oleh maupun untuk dibakar di tepi pantai untuk dimakan.

Pantai Watu Karung (Instagram)

Ada satu bagian pantai yang begitu menarik perhatian, yaitu sebuah batu karang besar yang membentuk seperti kepala seorang perempuan. Batu karang tersebut terlihat seperti puteri yang memakai mahkota dengan rambut panjang terurai. Pada salah satu sudut, Sang Puteri seolah menatap samudera lepas. Batu karang ini dikenal dengan julukan sebagai Puteri Samudra.

Puteri Samudra berdiri kokoh dan menjadi salah satu pemandangan menonjol. Putri Samudra dapat terlihat jelas dari sisi sebelah Timur pantai. Pelancong harus menaiki anak tangga menuju atas bukit untuk melihat bentuk sang puteri dengan jelas.

Pantai Watu Karung (Instagram)

Harga tiket masuk ke Pantai Watu Karung cukup terjangkau, siapkan saja uang sebesar Rp 2 ribu untuk anak-anak dan Rp 3 ribu untuk orang dewasa. Tiket masuk sudah termasuk asuransi oleh Jasa Raharja serta berlaku untuk sekali masuk. Lalu, pada hari libur akhir pekan serta hari libur nasional maka tiket masuk ke sana menjadi Rp 3 ribu untuk anak-anak dan dewasa Rp 5 ribu.

Jika kamu adalah seorang peselancar, maka kamu wajib coba berselancar di pantai ini. Dijamin kamu bakal ketagihan! (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...