Selain Borobudur-Prambanan, Berikut 5 Candi Historis yang Patut Kamu Kunjungi Seumur Hidup

Bicara soal candi di Indonesia, sudah pasti banyak orang yang berbicara mengenai Candi Borobudur atau Candi Prambanan, karena memang dua candi itu sudah mendunia. Padahal, selain dua candi yang sudah disebutkan tadi, masih ada candi-candi lain di Indonesia yang nggak kalah indah dan patut dikunjungi paling nggak sekali seumur hidup. Contohnya seperti 5 candi berikut ini.

1. Candi Plaosan

Candi Plaosan (Instagram)

Candi Plaosan yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini merupakan candi beraliran Hindu-Buddha. Candi ini bisa dibilang sebagai candi dengan struktur bangunan kuno paling menakjubkan menurut traveler mancanegara. Nuansa kuno sangat terasa kental di candi ini. Kamu nggak akan rugi mengunjungi candi yang satu ini.

2. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko (Instagram)

Meski bentuknya sudah ngaak utuh lagi, reruntuhan yang ada di sini tetap sanggup menyajikan pemandangan yang begitu mempesona. Selain belajar mengenai sejarah yang ada di balik pembangunan candi ini, kamu juga bisa menikmati matahari terbenam plus pemandangan Gunung Merapi dan Candi Prambanan.

3. Candi Sewu

Candi Sewu (Instagram)

Terletak nggak jauh dari Candi Prambanan, Candi Sewu diklaim banyak literatur sebagai Candi Buddha terbesar kedua yang ada di Pulau Jawa. Usianya juga sudah sangat tua, karena berdiri sejak 792 SM. Kompleks Candi Sewu memiliki susunan yang menarik. Di luar candi utama, terdapat empat area lingkaran yang masing-masing didedikasikan untuk dewa-dewa yang berbeda.

4. Candi Ijo

Candi Ijo (Instagram)

Candi Ijo merupakan bentuk akulturasi kebudayaan Hindu-Buddha, dan merupakan candi yang memiliki letak paling tinggi dibandingkan dengan candi-candi lain di daerah Yogyakarta. Karena letak candi ini yang berada di ketinggian, kamu bisa melihat pemandangan alam di bawahnya berupa daerah pertanian dengan kemiringan yang curam. Walaupun di daerah candi ini bukan daerah yang subur, tetapi kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah di sekitar candi, plus kamu bisa melihat pesawat take off dan landing di Bandara? Adisutjipto.

5. Goa Gajah

Goa Gajah (Instagram)

Candi yang terletak di Ubud, Bali, ini memiliki struktur bangunan yang unik. Strukturnya terdiri dari sebuah goa yang dipahat dan diukir sedemikian rupa hingga memiliki ornamen khas Bali. Bagi kamu yang ingin berkunjung, perlu diperhatikan bahwa area Goa Gajah termasuk suci. Mereka yang datang ke sini wajib mengenakan sarung khas Bali.

Dari kelima candi itu, sudahkah kamu mendatangi semuanya? (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...