Fakta Sejarah Dufan yang Mungkin Belum Kamu Tahu


Siapa yang tidak pernah ke Dunia Fantasi alias Dufan? Sebagian besar penduduk Jakarta pasti pernah ke taman bermain yang merupakan taman bermain pertama di Indonesia sekaligus taman bermain terbesar di Asia Tenggara ini. Pembuatan Dunia Fantasi bukan hal yang mudah saat itu dikarenakan sedikit dan terbatasnya sumber dan bahan informasi pada zaman pembangunannya, yang dimulai pada tahun 1980. Berikut jadiBerita himpunĀ  beberapa fakta sejarah Dufan yang mungkin belum kamu tahu.

1. Tentang Istana Boneka

Istana Boneka (Yogaslavianarmy)
Istana Boneka (Yogaslavianarmy)

Istana Boneka adalah wahana asli 100% buatan Indonesia, walau ada anggapan bahwa Istana Boneka mencontek It’s A Small World-nya Disneyland. Buktinya pada saat pembangunan wahana ini tidak ada seniman Bengkel Dunia Fantasi (Bendufa) yang pernah berkunjung ke Disneyland pada tahun 1980. Mungkin kamu sudah familiar dengan lagu tema wahana ini. Namun tahukah kamu apa judul lagunya dan siapa penciptanya? Lagu ini berjudul “Harapan Suci”, dan penciptanya adalah Teddy Darmanto, sementara lagunya diaransemen oleh Alm. Soedharnoto.

2. Lagu Tema Dunia Fantasi

Pembuatan lagu ini tak instan seperti sekarang ini. Diperlukan research dengan skala, teori psikologi, grafik-grafik dan lain sebagainya, sehingga tercipta lagu yang mudah diingat sampai kapanpun. Sama seperti lagu Istana Boneka yang berjudul “Harapan Suci”, lagu Dufan ini juga diciptakan oleh Teddy Darmanto.

3. Maskot Dufan

Maskot Dufan berwarna merah muda (Kaskus)
Maskot Dufan berwarna merah muda (Kaskus)

Ada yang unik dari maskot ini dulu dan sekarang. Seperti yang bisa kamu lihat di atas, maskot Dufan dulunya berwarna merah muda. Beda dengan warna sekarang. Maskot Dufan datang dari Pak Ciputra yang memang tertarik dengan hewan bekantan ketika berkunjung ke Kalimantan. Ditambah lagi daerah Ancol dulunya merupakan tempat berkumpulnya para kera dan bekantan. Karena itulah, hewan bekantan dipilih untuk menjadi maskot Dufan.

4. Wahana di Dufan

Wahana Dufan (Klikhotel)
Wahana Dufan (Klikhotel)

Wahana-wahana yang ada di Dufan ternyata didatangkan dari Amerika Serikat, Italia dan Jerman. Wahana yang didatangkan dari AS adalah Alap-Alap, Niagara-gara, Ombang-Ombang dan Pontang-Panting. Sementara wahana yang didatangkan dari Jerman adalah Kora-Kora dan Bianglala. Sedangkan wahana yang didatangkan dari Italia adalah Gajah Bledug, Bakutoki & Ubangga-bangga. Selain wahana, yang unik dari Dufan adalah lantai keramiknya. Dulu belum ada taman bermain di dunia yang menggunakan lantai keramik selain Dufan.

5. Booklet Dufan

Booklet Dufan (Kaskus)
Booklet Dufan (Kaskus)

Dufan ternyata dulu memiliki booklet-nya sendiri, namun kini sudah tak ada lagi yang punya. Bahkan untuk bisa memilikinya kamu harus membelinya di situs jual beli dunia seperti eBay. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
61
Love
OMG OMG
51
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
71
Keren Nih
Ngakak Ngakak
101
Ngakak