Jika di Indonesia, nama jalan biasanya diambil dari nama pahlawan, atau dari nama buah-buahan hingga nama kota di Indonesia. Namun bagaimana jika nama kota di Indonesia justru dijadikan nama jalan di Australia?

Tarakan Ave (Google Maps)
Tarakan Ave (Google Maps)

Bukan candaan, hal ini memang benar adanya. Nama-nama jalan yang menggunakan nama kota Indonesia ini berada di Melbourne, Australia. Nama jalannya itu adalah Samarinda Ave, Tarakan Ave, Morotai Ave, dan Ambon St.

Samarinda Ave (Google Maps)
Samarinda Ave (Google Maps)

Samarinda merupakan kota yang ada di Kalimantan Timur, dan Tarakan merupakan kota yang berada di Kalimantan Utara. Sementara Morotai dan Ambon, keduanya merupakan kota yang berada di Maluku.

Morotai Ave (Google Maps)
Morotai Ave (Google Maps)

Rupanya, penamaan ini tidak dilakukan asal-asalan, karena berhubungan dengan sejarah antara Australia dan Indonesia. Pada masa Perang Dunia II, rupanya banyak tentara Australia yang berada di kota-kota tersebut, sehingga saat kembali ke Australia, nama itu digunakan sebagai nama jalan.

Ambon St (Google Maps)
Ambon St (Google Maps)

Yang menarik, pada gambar di atas kamu melihat nama Jalan Tuhan. Jalan ini masih berada tidak jauh dari keempat jalan di atas, karena masih berada dalam satu kawasan. Rupanya, asal nama jalan ini bukan diambil dari kata God yang berarti Tuhan Sang Pencipta, namun karena memang di sana ada orang yang bernama Tuhan.

Tuhan St (Google Maps)
Tuhan St (Google Maps)

Nama Jalan Tuhan ini berasal dari nama keluarga Tuhan yang tinggal di kawasan tersebut seabad yang lalu. Menurut artikel di harian lokal Burwood Bulletin,  keluarga Tuhan berasal dari Irlandia, dan Thomas Tuhan membuka sebuah toko Boundary Store, di ujung Boundary Road, di tahun 1880-1940.

Melihat suasana keempat jalan di atas, sepertinya tempat itu tenang dan nyaman untuk ditinggali. apakah kamu ingin tinggal di salah satu jalan tersebut? (tom)