Kecerdasan Buatan JARVIS dalam Film Iron Man Bakal Jadi Kenyataan

shot0001

Kalau kamu pernah nonton film “Iron Man”, jelas kenal dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan bernama JARVIS. JARVIS dalam filmnya sangat membantu Iron Man dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Dia juga bahkan dapat mengurus dan merawat Tony Stark tanpa harus repot-repot menyewa asisten rumah tangga. Keberadaan JARVIS singkatnya mempermudah hidup miliuner kaya dan eksentrik ini.

Jika kamu sebelumnya hanya berkhayal memiliki teknologi seperti itu, maka kamu tak perlu berkhayal lagi. Pasalnya, dalam waktu dekat, teknologi tersebut bakal jadi kenyataan.

Uniknya, teknologi yang dalam dunia nyata juga dinamai JARVIS itu digagas oleh sang pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Mirip dengan JARVIS, AI ini dapat menerima perintah sederhana untuk memudahkan pekerjaan yang dilakukan di rumah.

Mark Zuckerberg Gadgets360cdn
Mark Zuckerberg (Gadgets360cdn)

Dalam video yang diunggah oleh Mark di halaman Facebooknya ini, Mark melakukan demonstrasi fun tentang penggunaan JARVIS. Mark menjelaskan bahwa JARVIS akan bekerja sesuai perintah yang disebutkan melalui sebuah aplikasi. JARVIS dibangun berdasarkan pengenal suara dan juga pengenal wajah.

Hebatnya lagi, JARVIS yang dibangun oleh Mark Zuckerberg selama 5 tahun ini juga memiliki suara mirip dengan suara emas aktor kawakan Morgan Freeman. JARVIS yang dibangun Mark ini juga dapat mengenali emosi penggunanya. Dalam demo singkat dan sederhana yang diunggah oleh Mark ini JARVIS cukup membantu dan berpotensi untuk dikembangkan di masa mendatang.

Mark Zuckerberg Urbanpost
Mark Zuckerberg (Urbanpost)

Memang akhir-akhir ini dunia teknologi disibukkan dengan pengembangan kecerdasan buatan. Fungsi pengembangan teknologi ini memang untuk memudahkan manusia mengakses segala sesuatu di masa mendatang, termasuk di bidang medis, teknik, dan lain sebagainya.

Berikut ini video presentasi JARVIS dari Mark Zuckerberg.

https://www.youtube.com/watch?v=27PLV6IWlFk

https://www.youtube.com/watch?v=4VsuCZQqxBI

(tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.