Sudah Makan Tapi Masih Lapar? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Mungkin beberapa di antara kamu pernah merasakan ketika sudah makan tapi masih merasa lapar. Rupanya, ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Apa saja? Berikut beberapa faktornya, seperti dilansir dari Health, Kamis (9/2/2017).

1. Kebanyakan mengkonsumsi karbohidrat olahan

Sandwich (Sandwichbuffet)

Jika masih merasa lapar meski sudah makan, mungkin kamu terlalu banyak memakan makanan yang menganddung karbohidrat olahan, seperti sereal, pizza, sandwich, atau roti. Semua makanan itu mudah terbakar dalam tubuh.

2. Kurang tidur

Ngantuk (Cantikitu)

Hormon grelin akan meningkat ketika kamu kurang istirahat. Grelin adalah hormon yang mendorong nafsu makan. Pada waktu yang sama, hormon leptin yang mendorong rasa kenyang juga akan menurun.

3. Stres

Stres (Tribunnews)

Kalau kamu sering merasa lapar, bisa jadi itu tanda kamu sedang stres. Keadaan ini menimbulkan perasaan di bawah tekanan sehingga membutuhkan energi.

4. Kurang protein

Telur (Alodokter)

Protein mendorong rasa kenyang. Otomatis, jika kekurang protein, maka rasa kenyang tidak akan timbul. Sumber utama protein antara lain yogurt, telur, atau daging. Untuk laki-laki, dibutuhkan protein sekitar 56 gram per hari, sedangkan perempuan 19-70 gram per hari.

5. Menunda makan

Tunda makan (Aslinik)

Ketika perut kosong terlalu lama maka hormon lapar bernama grelin akan diproduksi lebih. Interval makan yang baik sekitar 4-5 jam.

6. Melihat gambar makanan

Ngiler (Merdeka)

Media sosial seperti Instagram dan Facebook yang dipenuhi foto makanan akan lebih mendorongmu untuk terus mengunyah.

7. Makan terlalu cepat

Makan buru-buru (Dietcepatalami)

Hormon lapar baru dapat merespon sekitar 20-30 menit untuk menyampaikan ke otak. Jika kecepatan makanmu tak kurang dari lima menit maka kamu cenderung memakan lebih dari yang seharusnya.

8. Kehausan

Air minum (Tafsiranmimpi)

Hipotalamus, yang merupakan salah satu bagian otak, dapat kebingungan menentukan apakah tubuhmu itu lapar atau haus. Padahal sebenarnya kamu hanya butuh air. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Cuma Tiduran di Kasur, Wanita Ini Kantongi Rp 1 Juta per Hari

Bukan Antagonis, Thanos Malah Jadi Tokoh Utama di Avengers: Infinity War