TV Analog Mati?, Tidak Perlu Khawatir Begini Cara Dapatkan STB TV Digital Gratis

Dimas Drajat

Sumber: CNN Indonesia

Setelah sekian lama masyarakat Indonesia menikmati siaran televisi analog akhirnya harus berhenti beroperasi. Pada tanggal 2 November 2022 pukul 24.00 WIB pemerintah melalui program Analog Switch Off (ASO) resmi memberhentikan siaran TV analog untuk wilayah Jabodetabek dan beberapa kota lainnya.

Apa akibatnya saat siaran TV Analog berhenti beroperasi?

Pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang belum paham tentang berhentinya siaran TV analog di Indonesia. Dan apa dampak yang dirasakan oleh sebagian masyarakat. Perlu diketahui bahwa dengan berhentinya siaran TV Analog, maka Anda tidak bisa lagi menikmati siaran TV melalui tv analog yang menggunakan antena reguler melalui gelombang AM. Singkatnya kini Anda membutuhkan perangkat tambahan jika ingin menikmati siaran TV yang beralih ke digital.

Oleh Karena Itu, Pemerintah Siapkan STB TV Digital Gratis bagi 5,6 juta masyarakat

Dengan adanya transisi dari TV Analog ke TV Digital tentunya akan berdampak langsung bagi masyarakat yang tidak mampu membeli perangkat tambahan. Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan Pemerintah sebenarnya sudah menyiapkan STB gratis bagi warga berkategori miskin.

“Berdasarkan pendataan pensasaran pencepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, jumlah calon penerima STB 5,6 juta rumah tangga miskin di mana penyelenggara multipleksing swasta menyediakan 4,3 juta unit STB, kekurangannya disediakan pemerintah,” ujarnya, dalam acara Hitung Mundur ASO, di Kominfo, Jakarta, Rabu (2/11) tengah malam.

Lalu, bagaimana cara Anda bisa mendapatkan STB TV Digital Gratis?

Bagi Anda yang ingin mendapatkan STB TV Digital gratis silakan baca ulasan pada artikel ini sampai selesai. Sebab ada beberapa langkah panduan yang harus Anda lakukan agar bisa mengecek apakah Anda terdaftar sebagai penerima STB TV Digital Gratis atau tidak.

[adace-ad id=”160792″]

Solusi Alternatif Tontonan TV Online Melalui Aplikasi Android

Sebelum Anda mendapatkan informasi mengenai cara mendapatkan STB Gratis TV Digital, ada baiknya Anda juga menyimak ulasan tentang Aplikasi TV Online di Android terlebih dahulu. Jadi jika Anda tidak terdaftar sebagai penerima STB Gratis TV Digital, masih ada cara untuk tetap bisa menyaksikan tontonan TV Nasional secara online melalui smartphone.

Bagi Anda yang sudah terbiasa menonton TV sehari-hari akan sangat kehilangan dengan dihapusnya siaran TV analog. Namun saat ini ada alternatif lain bagi Anda yang tetap ingin menikmati siaran TV nasional. Dengan bermodalkan paket data internet, Anda sudah bisa menyaksikan siaran TV secara online dari mana saja cukup menggunakan Handphone saja.

Jadiberita.com telah merangkum daftar aplikasi Android yang menyediakan layanan TV Online secara gratis. Anda bisa memanfaatkannya untuk tetap bisa menonton TV secara gratis. Berikut adalah daftarnya.

1. MolaTV

[adace-ad id=”160792″]

Bagi Anda pecinta olahraga sepakbola pasti sudah akrab dengan aplikasi TV Online yang satu ini. MolaTV kini telah menjadi salah satu aplikasi di Android pilihan para pecinta sepakbola tanah air. Siaran digital dari MolaTV tentunya menyediakan beragam pertandingan sepakbola secara live dan online. Dengan begitu Anda tetap bisa menikmati tontonan berkualitas tanpa takut ketinggalan klub kesayangan bertanding.

MolaTV bukan hanya menyajikan pertandingan sepakbola saja. Aplikasi TV Online ini juga menyajikan beragam film dan serial menarik.

2. RCTI+

[adace-ad id=”160792″]

RCTI adalah salah satu TV Swasta nasional yang cukup populer di masyarakat Indonesia. Saat ini RCTI tidak lagi melayani siaran TV Analog, namun Anda tetap bisa menyaksikannya melalui aplikasi RCTI+.

Aplikasi RCTI+ juga memanjakan para pecinta sinetron yang tayang di saluran MNCTV, Inews, RCTI dan GlobalTV. Jadi cukup satu aplikasi saja Anda bisa menikmati lebih dari 4 stasiun tv sekaligus. Dan yang paling mengasyikkan adalah Anda bisa menonton kapan saja dan dimana saja cukup dengan menggunakan smartphone saja.

Aplikasi TV Online ini juga menghadirkan konten-konten menarik lainnya seperti radio atau podcast, game, berita, dan HOT (Home of Talent) yang menyediakan user generated content. Bagaimana tertarik untuk coba download?

3. Trans TV Live

[adace-ad id=”160792″]

Tidak mau ketinggalan dengan RCTI, jaringan Transmedia pun juga sudah menyiapkan transformasi TV analog ke TV Digital dengan menghadirkan layanan streaming TV Online melalui aplikasi Android. Jadi Anda kini tidak perlu menggunakan TV secara fisik untuk dapat menikmati siaran dari Trans TV.

Aplikasi Trans TV Live menghadirkan seluruh acara yang biasa Anda tonton di Trans TV siaran analog. Perbedaannya adalah dengan siaran streaming online ini Anda bisa menyaksikan kapan saja 24 jam nonstop. Bicara soal konten, Trans TV Live juga akan memberikan konten yang cukup beragam. Mulai dari berita, religi, travel, dan olahraga. Menariknya layanan Trans TV Live bisa Anda tonton melalui tayangan rekaman yang sudah disediakan di aplikasinya. Jadi tidak ada kata ketinggalan nonton acara favorit Anda.

4. Maxstream

[adace-ad id=”160792″]

Aplikasi TV Online yang bisa Anda coba berikutnya adalah Maxstream. Melalui aplikasi ini Anda bisa menikmati tayangan seperti TV Analog dari beragam channel. Kami cukup merekomendasikan untuk Anda mencobanya sebab, layanan Maxstream tidak hanya melayani siaran TV Nasional. Di aplikasi ini Anda bisa menonton tayangan TV internasional seperti HBO dan TvN.

Selain itu bagi Anda yang suka dengan film-film pendek atau tontonan original series, di sini juga ada beragam pilihan judul film yang bisa Anda tonton kapan saja.

5. TVRI Klik

[adace-ad id=”160792″]

TVRI Sebagai TV Nasional yang mengudara untuk pertama kali sebelum TV Swasta bermunculan juga ikut menyediakan layanan live streaming melalui aplikasi Android. TVRI Klik kaya dengan konten-konten mendidik yang cocok untuk tontonan keluarga dan anak-anak. Anda bisa menyaksikan tayangan TVRI Klik cukup menggunakan Handphone saja.

Beberapa fitur yang disediakan oleh aplikasi ini juga cukup lengkap. Mulai dari siaran nasional hingga tayangan tv daerah ada di sini. Anda juga bisa memantau jadwal siaran sehingga tidak ketinggalan tayangan favoritmu.


Itulah ulasan singkat mengenai solusi untuk alternatif tontonan TV Online melalui Aplikasi Android yang bisa Anda coba. Kini saatnya bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk mengetahui cara mendapatkan STB TV Digital Gratis bisa langsung mengikuti tautan dibawah ini.

Bagikan:

Dimas Drajat

Anak UI yang lagi membangun personal branding