Jangan Buang Barang-Barang Koran Bekas dan Kaos bekas


Barang-barang bekas ini pasti ada di setiap rumah, termasuk rumah Anda. Koran bekas yang sudah menumpuk? Sisa sabun mandi batangan yang tinggal potongan-potongan kecil saja? Atau kaos kaki yang sudah â??terkena peluruâ?? Dengan adanya mereka, pastilah Anda merasa sumpek lalu ingin membuangnya segera atau menjual ke tukang loak. Jangan lakukan itu dulu sebelum Anda mengetahui manfaat di balik â??keusanganâ? mereka.

1. Koran Bekas

celemek T-shirt step1
celemek T-shirt step1

Koran bekas yang menumpuk dapat diolah menjadi kertas daur ulang. Namun di samping itu, Anda dapat memanfaatkannya untuk hal-hal lain. Sepatu Anda bau karena keringat kaki? Jangan khawatir, langsung saja gulung beberapa lembar koran bekas dan masukkan ke dalamnya. Bau tak sedappun hilang. Atau Anda ingin makan tomat tapi masih hijau? Koran bekas akan membuatnya menjadi merah dan siap santap. Cukup bungkus dan diamkan beberapa lama.

2. Gelas Kertas

celemek T-shirt step2
celemek T-shirt step2

Kalau Anda pergi ke restoran-restoran siap saji, barang yang satu ini pasti Anda dapat jika membeli minuman. Namun terkadang, karena masih tersisa dan kita taruh begitu saja di dalam mobil, kita lupa membuangnya. Kalau dibiarkan memang akan tampak kotor dan jorok. Tetapi kalau kita tahu cara memanfaatkannya, barang tersebut malah akan terlihat cantik. Bagaimana caranya?

Pertama, sediakan kertas warna-warni, sebaiknya warna coklat tua (bisa diganti dengan cat lukisan atau crayon), gunting, lem kertas, kancing besar hitam, piring kertas, dan tentunya si gelas kertas (2 buah). Caranya, bungkus gelas kertas dengan kertas warna-warni (atau dicat). Lem bibir kedua gelas lalu satukan. Gunting piring kertas berbentuk sayap burung lalu cat, mata (cukup bentuk lingkaran berukuran lebih besar dari kancing), dan paruh (cat warna kuning).

Tempelkan seluruh potongan badan burung pada salah satu badan gelas. Untuk paruh, lipat setengah bagian baru tempelkan bagian belakangnya. Tempelkan kancing pada potongan berbentuk lingkaran untuk area mata. Hasilnya, Anda akan memperoleh seekor burung hantu yang siap menghias ruang tamu atau kamar tidur anak Anda.

3. Potongan sabun sisa dan kaus kaki

celemek T-shirt step3
celemek T-shirt step3

Sabun batangan yang hanya tersisa sedikit memang tidak bisa dipakai lagi untuk mandi, karena potongannya yang terlalu kecil. Tapi, jangan terburu-buru membuangnya. Kumpulkan sisa-sisa potongan sabun lalu masukkan ke dalam kaus kaki bekas yang masih layak, lalu ikat. Anda bisa menggunakannya kembali untuk mencuci tangan atau kaki.

4. T-Shirt lama

celemek T-shirt step4
celemek T-shirt step4

Bosan dengan T-shirt yang modelnya sudah ketinggalan jaman tapi menumpuk di lemari? Sulap saja menjadi sebuah celemek lucu. Caranya? Mudah saja. Kumpulkan T-shirt lama Anda yang memiliki gambar di bagian depannya. Gunting bagian depan T-shirt tersebut dengan bentuk persegi, buang bagian kerah dan lengan. Lipat bagian bawah T-shirt ke arah depan sampai batas gambar. Lipat kembali bagian ujung lipatan tadi agar bekas guntingan terlihat rapi. Bagi area lipatan menjadi empat slot lalu jahit masing-masing slot tersebut agar bisa digunakan sebagai kantong.

Untuk T-shirt bagian belakang, gunting menjadi 6 potongan dengan ukuran masing-masing 60×6 cm. Jahit ketiga potongan tersebut sehingga membentuk satu tali panjang. Ulangi dengan 3 potongan lainnya, sehingga Anda memiliki 2 buah tali panjang. Taruh kedua tali tadi tumpang tindih dengan berlawanan arah, lalu jahit seluruh bagiannya sehingga menjadi tali celemek. Terakhir, jahit tali tersebut di bagian belakang T-shirt yang sudah dibuat menjadi empat bagian kantong tadi di atas.

Nah, bagaimana? Sudah siap â??menyulapâ? barang-barang usang di rumah Anda? Ayo lakukan sekarang, dan Anda akan merasakan manfaatnya. Selamat mencoba!

Sumber :
www.AllFreeSewing.com â?? 9 Ways To Transform Old T-shirts
www.FaveCrafts.com â?? Owl Paper Cup
www.akuinginhijau.org â?? Manfaatkan Koran Bekas Anda

Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak