Don't be Captious

Cara Mengatasi HP Panas Saat di Charge

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Sobat JBers, HP panas saat di charge memang kadang bikin khawatir. Apalagi kalau panasnya seperti tidak wajar. Namun penyebab HP panas itu bukan hanya saat di charge saja. Seringkali, HP menjadi panas karena terlalu sering digunakan atau memiliki terlalu banyak aplikasi yang aktif.

Selain itu HP menjadi panas juga disebabkan karena adanya malware, perangkat lunak yang tidak berfungsi dengan baik, atau paparan sinar matahari langsung. Memang, wajar jika HP terasa sedikit hangat pada saat di charge. Tapi, panas yang terus-menerus bisa menunjukkan ada masalah yang lebih serius lho.

Nah, pada kesempatan kali ini aku akan membantu kamu mencari tahu mengapa HP kamu menjadi panas saat di charge dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab HP Panas Saat di Charge

Adalah hal yang wajar jika HP kamu menjadi sedikit hangat saat di charge. Namun, jika HP kamu terasa sangat panas saat di charge, kemungkinan besar ada masalah dengan port pengisianmu, kabel charger yang sudah lama dan rusak, atau baterai yang sudah kembung.

Untuk menguji komponen-komponen tersebut, coba charge dengan kabel charger yang berbeda atau gunakan port pengisian yang lain, atau bahkan kamu bisa mencoba charger wireless. Kamu juga bisa mencoba menghubungkan charger ke stop kontak yang berbeda.

BACA JUGA: Cara Membuka HP Android yang Terkunci 

Cara Mengatasi HP Panas Saat di Charge

Pertama-tama lepaskan HP kamu dari casingnya cara ini bertujuan untuk melepaskan panas yang terperangkap. Kemudian, aktifkan mode pesawat selama beberapa menit untuk menonaktifkan fitur yang menguras baterai seperti Bluetooth yang mungkin berjalan di latar belakang. Selanjutnya, pindahkan HP kamu ke tempat yang lebih sejuk dan teduh. Paparan pada suhu ekstrem di luar kisaran tersebut dapat mempengaruhi kinerja dan perangkat keras HP.

Berikut adalah beberapa hal lain yang bisa dilakukan untuk membantu mendinginkan HP kamu:

Kurangi Penggunaan Daya: Biasanya, alasan HP panas dan cepat habis baterainya adalah karena kamu telah menggunakannya dalam waktu lama. Jadi jangan gunakan HP dulu apalagi saat sedang di charge.

Kurangi Kecerahan Layar: Menjaga layar dengan tingkat kecerahan yang lebih rendah akan mengurangi panas saat HP kamu di charge.

Charge HP dalam keadaan mati: Bagi sebagian orang memang tidak mudah untuk charge HP dalam keadan power off. Namun cara ini lumayan ampuh untuk mengatasi HP panas saat di charge. Kamu bisa mencobanya dan rasakan perbedaannya.

Tutup Aplikasi: Semakin banyak aplikasi yang kamu buka, semakin keras HP kamu bekerja. Tutup aplikasi saat kamu selesai menggunakannya termasuk saat HP di charge.

Update software HP kamu: Perhatikan notifikasi update software yang wajib kamu lakukan di HP kamu. Terkadang pengembang HP kedapatan memiliki sejumlah bug di software yang mengakibatkan HP menjadi panas saat di charge.

Penutup

HP yang kepanasan saat di charge bisa menjadi indikasi dari berbagai masalah, mulai dari penggunaan berlebihan hingga perangkat lunak berbahaya. Beberapa cara untuk mengatasinya termasuk mengurangi penggunaan daya dengan memberi jeda penggunaan, menyesuaikan kecerahan layar, serta menghidupkan ulang HP.

Namun, jika upaya-upaya ini tak kunjung membuahkan hasil, sebaiknya konsultasikan dengan ahli atau ke service resmi untuk memeriksa apakah baterai perlu diganti atau ada masalah lain yang perlu diatasi.

Memahami dan mengenali penyebab serta solusi dari HP kamu yang kepanasan sangat penting untuk memastikan kinerja optimal HP dan memperpanjang usia pakai.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi Secara Permanen

Latest article