iPhone Dilengkapi Teknologi AI di iOS 18.1 bernama Apple Intelligence

Jika kamu termasuk dalam program Apple Developer dan sudah mencoba versi beta iOS 18 di iPhone-mu, kini saatnya mendapatkan versi beta terbaru iOS 18.1. Ini adalah pembaruan besar karena akhirnya membawa fitur Apple Intelligence ke iPhone 15 Pro atau iPhone 15 Pro Max.

Saat ini, Apple baru merilis versi beta iOS 18.1 untuk pengembang. Belum ada versi beta publik untuk iOS 18.1, tapi mungkin akan segera dirilis. Kamu juga perlu iOS 18.1 beta di iPhone 15 Pro atau iPhone 15 Pro Max karena hanya kedua model ini yang bisa menjalankan fitur Apple Intelligence, meskipun iOS 18 dapat dipasang di perangkat mulai dari iPhone XS.

Pemilik iPad juga bisa mendapatkan pembaruan iPadOS 18.1, asalkan iPad-nya adalah model dengan M1 atau yang lebih baru.

Meski Apple Intelligence menawarkan banyak alat yang berguna, hanya beberapa yang termasuk dalam versi beta terbaru iOS 18.1 dan iPadOS 18.1. Berikut adalah rangkuman fitur yang tersedia saat ini:

  • Alat Penulisan: Menulis ulang, memperbaiki, dan merangkum teks di mana saja kamu mengetik, termasuk aplikasi bawaan seperti Mail, Notes, Pages, dan bahkan aplikasi pihak ketiga.
  • Siri: Desain baru dengan lampu yang menyala di sekitar tepi layar kini aktif. Siri juga bisa berganti antara teks dan suara untuk interaksi, kompatibel dengan perangkat iPhone, iPad, dan Mac, lebih baik dalam memahami jika pengguna terbata-bata, dan dapat mempertahankan konteks dari satu permintaan ke permintaan berikutnya.
  • Email: Menampilkan bagian baru di bagian atas untuk email yang paling mendesak. Kamu sekarang bisa melihat ringkasan email tanpa membukanya, dan Smart Reply memberikan saran untuk balasan cepat serta bisa mengidentifikasi pertanyaan dalam email.
  • Mengurangi Gangguan: Ini adalah mode fokus baru yang hanya akan menampilkan notifikasi yang membutuhkan perhatian segera.
  • Foto: Kamu bisa mencari foto dengan bahasa alami, mencari video untuk momen-momen tertentu, dan membuat kenangan baru dengan menulis deskripsi.
  • Transkripsi: Merangkum transkripsi.

Sekali lagi, ini bukan semua fitur yang tersedia di Apple Intelligence, tapi hanya yang disediakan Apple saat ini. Sepertinya akan ada lebih banyak fitur yang datang di tanggal yang belum ditentukan. Ini termasuk Image Playground generator, Genmoji, notifikasi prioritas, pengetahuan kontekstual di layar untuk Siri, dan integrasi ChatGPT.

Versi beta pengembang pertama iOS 18.1 sudah tersedia jika kamu bagian dari program Apple Developer, yang bisa didaftarkan secara gratis. Kemungkinan beta publik akan mendapatkan iOS 18.1 di tanggal yang belum ditentukan.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang ingin mencoba fitur terbaru dari Apple. Jangan lupa untuk selalu memperbarui perangkatmu agar tetap mendapatkan pengalaman terbaik!

Written by Tantri Widya

Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.