Efek Positif Tulis Tangan


Perkembangan teknologi yang sedemikian pesat membuat manusia mengandalkan mesin dan komputer untuk melakukan banyak hal yang tadinya dikerjakan manual. Salah satunya adalah menulis. Kehadiran komputer serta gadget seperti handphone atau tablet membuat proses tulis-menulis kini lebih gampang dilakukan secara digital. Kita tak perlu repot-repot lagi mencari kertas dan pena jika tiba-tiba ingin membuat catatan.

Namun, baru-baru ini sebuah penelitian menemukan bahwa menulis dengan tangan ternyata memiliki efek yang bagus terhadap otak. Seperti yang dilansir di mashable.com, ini dia pengaruh positif tulisan tangan menurut ahli tulisan tangan Dr. Marc Seifer.

1. Dapat Menenangkan Pikiran

Menulis sebuah kalimat yang menentramkan adalah salah satu bentuk terapi tulis tangan. Menorehkan perkataan seperti, â??Saya akan merasa lebih damaiâ? sebanyak minimal 20 kali per hari ternyata benar-benar memiliki dampak yang baik, terutama bagi penderita ADD (Attention Deficit Disorder).

2. Membuat Otak Kanan dan Otak Kiri Saling Berkoordinasi

Orang-orang yang artistik dan kreatif dipercaya menggunakan lebih banyak otak kanannya, sementara mereka yang lebih berbakat di bidang â??seriusâ?? seperti matematika atau fisika memiliki otak kiri yang lebih dominan. Menggoreskan kata-kata dengan bentuk yang meliuk bisa menyeimbangkan kerja otak kanan dan otak kiri.

3. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Tulis tangan ternyata salah satu metode paling efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak-anak. Sekadar contoh, anak-anak yang belajar cara menuliskan huruf dan angka serta menggambar dengan kertas dan pena lebih mampu mengembangkan ide dan ekspresi serta mempunyai kemampuan motorik yang lebih baik dari anak-anak yang belajar mengenal huruf dan bentuk dari gadget.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Menulis di laptop atau gadget mungkin lebih cepat dan praktis, namun ini membuat kita tak terlalu memperhatikan apa yang kita tulis. Sebagian besar psikolog percaya bahwa membuat catatan di atas kertas dapat membuat seseorang mampu mengingat apa yang ditulisnya lebih lama. Hal ini terjadi baik bagi orang dewasa maupun anak kecil. Selain itu, anak kecil yang menulis tangan juga memiliki ingatan yang lebih baik.

5. Memaksimalkan Kerja Otak

Salah satu alasan mengapa menulis dengan tangan dapat memberi banyak keuntungan bagi otak adalah saat menulis otak bekerja lebih optimal. Area otak yang bekerja untuk membaca aktif saat seseorang menulis tangan, tapi tidak saat mengetik.

Selain itu, hal yang menjadi perbedaan besar menulis dengan mengetik adalah pergerakan yang dilakukan. Dengan menulis, saraf motorik di otak pun turut bekerja. (alo)

 

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak