Hal-hal Ikonik untuk Generasi 90-an


Ada yang bilang kalau anak yang tumbuh pada tahun 90-an atau dikenal dengan generasi 90-an adalah generasi terbaik, karena pada tahun-tahun tersebut banyak sesuatu yang bisa bikin kita bernostalgia saat ini. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah hal-hal ikonik untuk generasi 90-an.

1. Ponsel tanpa antena

Nokia 3310 (uk.webuy.com)
Nokia 3310 (uk.webuy.com)

Sebelumnya, ponsel masih dibuat dengan antena. Kemudian hadirlah ponsel pertama tanpa antena, yaitu Nokia 3310. Bangga rasanya jika memiliki ponsel yang bisa dibilang inovatif tersebut, dan kamu bisa memamerkannya pada teman-teman kamu.

2. Goosebumps

Goosebumps (movies.mxdwn.com)
Goosebumps (movies.mxdwn.com)

Sebelum novel Harry Potter datang, remaja Indonesia keranjingan baca novel “Goosebumps” karangan R.L.Stine. Cerita yang ditawarkan cukup variatif, meski mengusung tema yang sama, yaitu horor. Meski demikian, horor dalam novel ini masih bisa dibilang cocok untuk anak remaja saat itu, bukan horor Indonesia saat ini yang lebih mengumbar keseksian pemainnya.

3. Tamagotchi

Tamagotchi (pixelpettingzoo.blogspot.co.uk)
Tamagotchi (pixelpettingzoo.blogspot.co.uk)

Selain video game konsol, permainan lain yang cukup mewabah tahun 90-an adalah Tamagotchi. Dalam Tamagotchi, kita diharuskan untuk mengasuh hewan digital agar bisa tumbuh dengan baik dan tidak mati. Banyak generasi 90-an yang menghabiskan waktunya untuk bermain Tamagotchi ini.

4. PlayStation

PlayStation (Castlevania.Wikia)
PlayStation (Castlevania.Wikia)

Generasi 90-an sepertinya wajib punya PlayStation alias PS di rumahnya. Selain menyajikan permainan yang beragam, kualitas grafis permainannya juga cukup memukau untuk saat itu. Punya PS, maka wajib punya Memory Card. Terkadang kita punya banyak Memory Card sampai bingung mana Memory Card yang akan kita pakai untuk permainan tertentu.

5. Game Pinball di komputer

Game Pinball (YouTube)
Game Pinball (YouTube)

Sebelum ada permainan PC secanggih sekarang, dulu kita bisa memainkan game Pinball di komputer. Sesuai namanya, kita diharuskan untuk mencetak angka tertinggi dalam Pinball dengan grafis CGI. Permainan ini masih bisa kita temui saat ini.

6. Kaset video

Kaset video (sale.brick7.com.au)
Kaset video (sale.brick7.com.au)

Sebelum adanya DVD, kita masih bisa menikmati film kartun kesayangan kita dengan menggunakan kaset video yang dulu bernama Betamax. Kini Betamax sudah tidak produksi lagi dan sudah digantikan dengan media DVD atau BluRay.

7. Skuter

Skuter (Wikipedia)
Skuter (Wikipedia)

Mungkin kamu dibilang belum gaul kalau tidak memiliki skuter ini. Biasanya skuter ini digunakan untuk berolahraga pagi sebagai pengganti sepeda. Kini sudah jarang yang menggunakan skuter ini, karena sudah ada sepeda listrik.

8. Discman

Discman (in-spirelsmagazine.co.uk)
Discman (in-spirelsmagazine.co.uk)

Memiliki Discman dulu rasanya seperti memiliki iPhone untuk saat ini. Tahun 90-an masih belum ada yang namanya MP3 Player, sehingga orang-orang masih menggunakan Walkman untuk mendengarkan lagu dengan media kaset, dan Discman untuk media CD.

9. Ding dong

Ding dong (Kaskus)
Mesin Ding dong (Kaskus)

Anak-anak generasi 90-an jika pergi bermain bersama teman biasanya mengunjungi game center seperti Timezone untuk saat ini. Di sana mereka akan bermain ding dong, atau nama sebenarnya arcade, dengan berbagai macam permainan. Ada balapan, pertarungan, atau permainan seru lainnya. Tentunya untuk bisa bermain ding dong ini kamu harus menyiapkan uang yang tidak sedikit.

10. Tazos

Tazos (Pinterest)
Tazos (Pinterest)

Bukan generasi 90-an namanya kalau tidak kenal dengan yang namanya Tazos. Tazos merupakan sebuah benda berbentuk bulat, yang bisa disusun membentuk benda lain sepert hewan atau perkakas rumah tangga lainnya. Tazos sendiri bergambar tokoh-tokoh dari kartun Looney Tunes. Ingatkah kamu berapa bungkus makanan ringan yang harus kamu buka hanya untuk mengincar Tazos-nya? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak