Evolusi Mainan Tahun 90an di Zaman Sekarang


Buat kamu generasi 90an, mungkin masih ingat mainan apa saja yang pernah kamu punya, dan kamu pun tumbuh bersamanya. Melihat situasi dan kondisi sekarang ini, mainan seperti yang pernah kita punya dulu bisa dikatakan cukup langka. Sebagai gantinya, generasi sekarang memiliki evolusi dari mainan kita dulu. Apa saja evolusinya? Berikut mainan-mainannya yang sudah dihimpun jadiBerita untuk kamu.

1. Asphalt Airborne

Asphalt Airborne (YouTube)
Asphalt Airborne (YouTube)

Kalau anak-anak zaman tahun 90an lebih senang mainan mobil-mobilan tradisional, atau bahkan paling canggih mainan Tamiya, maka anak-anak sekarang lebih suka memainkan game balapan “Asphalt Airborne” di smartphone milik mereka.

2. POU

POU (Aretheyoldenough)
POU (Aretheyoldenough)

Kalau zaman dulu ada Tamagotchi, sekarang ada POU sebagai gantinya. Mirip seperti Tamagitchi, POU mengharuskan kita ‘memelihara’ hewan yang menurut gamenya dikategorikan sebagai alien.

3. Let’s Get Rich

Let's Get Rich (Masterhax)
Let’s Get Rich (Masterhax)

Kamu bakal kesulitan untuk mencari tempat yang masih menjual mainan Monopoli. Pasalnya, sekarang sudah ada Monopoli yang dimainkan di smartphone, berjudul “Let’s Get Rich”. Pada dasarnya aturan “Let’s Get Rich” ini sama seperti Monopoli, di mana kamu harus melempar dadu, gerakkan bidaknya, lalu beli apa saja yang tersedia di sana.

4. Fashion Story

Fashion Story (Google Play)
Fashion Story (Google Play)

Cewek yang kehidupan masa kecilnya kisaran tahun 90an pasti tahu yang namanya paper doll alias bepe-bepean (atau istilah lain yang kadang memang suka beda-beda penyebutannya). Mainan ini bagaikan surganya cewek-cewek karena bisa berekspresi menuangkan bakat fashion yang dimiliki. Kini, permainan itu digantikan oleh “Fashion Story” atau “Jojo Fashion Show” yang ada di PC atau smartphone, yang tentu saja lebih atraktif.

5. Hidden Object Games

Hidden object games (Weneedfun)
Hidden object games (Weneedfun)

Sebelum ada smartphone, mungkin permainan favorit kamu dulu adalah petak umpet. Namun, sejak munculnya era digital dan smartphone, permainan petak umpet itu seperti terlupakan. Meskipun kini belum ada pengganti permainan petak umpet itu, ada satu game yang intinya masih sama, yaitu mencari. Jenis game yang mencari benda-benda dalam daftar ini disebut Hidden Object Games. Kemiripan petak umpet dengan game ini ada pada teknik analisis dan kejelian si pemain dalam mencari apa yang dicari.

6. Cooking Mama

Cooking Mama (Gamingcypher)
Cooking Mama (Gamingcypher)

Zaman dulu, yang namanya cewek pasti tidak lepas dari yang namanya main masak-masakan. Misalnya masak nasi, sayur atau apapun, yang tentu saja tidak menggunakan bahan makanan sungguhan. Kini, evolusi dari main masak-masakan itu adalah game berjudul “Cooking Mama”, yang rilis untuk handheld buatan Nintendo, yaitu NDS dan 3DS. Tanpa perlu ribet cari alat, bahan dan kotor-kotoran, lewat game ini anak-anak sudah bisa merasakan memasak banyak makanan, dari yang paling gampang sampai yang paling susah dari berbagai negara.

7. Clash of Clans

Clash of Clans (Google Play)
Clash of Clans (Google Play)

Buat kamu cowok-cowok, pastinya dulu senang main perang-perangan. Alat yang digunakan jadi senjata dalam perang-perangan juga banyak, misalnya kayu atau bambu yang dibentuk seperti pistol, ketapel dan lainnya. Daripada capek bikin senjata dan akting perang, anak-anak zaman sekarang lebih senang memegang smartphone, tidur di sofa sambil minum jus jeruk, tapi sudah bisa merasakan perang-perangan dengan memainkan game “Clash Of Clans”. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak