Mengenang Alat Transportasi yang Pernah Eksis di Jakarta


Jakarta yang jumlah penduduknya yang sangat banyak membuat kota metropolitan ini sangat penuh dan tak tertata. Dengan mobilitas penduduk yang tinggi itu tentunya diperlukan beragam alat transportasi umum sebagai sarana pendukung yang harus terpenuhi.

Saat ini Jakarta memiliki beberapa alat transportasi publik yang dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan aktifitas di luar ruangan, seperti kereta api, bus Trans Jakarta, metromini, angkutan kota (angkot), ojek, dan ojek motor. Namun, sebelum adanya transportasi umum tersebut, ada beberapa alat transportasi umum lainnya yang lebih dulu eksis. Berikut adalah 5 alat transportasi yang pernah eksis di Jakarta, seperti dilansir dari Liputan6com, Rabu (22/6/2016).

1. Bus tingkat

Bus tingkat (Instagram)
Bus tingkat (Instagram)

Bus tingkat atau double decker ini memang memiliki pengagumnya sendiri. Pasalnya, bus yang cocok dipakai untuk berpariwisata ini memiliki kapasitas penumpang yang sangat banyak. Sayangnya, angkutan yang satu ini terakhir kali beroperasi di Jakarta pada 1996 silam karena dihapus oleh pemerintah. Alasannya adalah karena suku cadang yang mahal.

2. Becak

Becak tempo dulu (Instagram)
Becak tempo dulu (Instagram)

Alat transportasi yang satu ini memang membutuhkan tenaga manusia yang ekstra untuk mengopersikannya. Sayangnya, sejak 1980-an, alat transportasi hasil modifikasi sepeda ini sudah dihilangkan di Jakarta karena intensitas jalannya yang sangat lambat, sehingga mengganggu kendaraan lainnya dan menimbulkan macet. Meski demikian, becak masih terdapat di beberapa daerah, seperti misalnya Bekasi.

3. Bemo

Bemo (Instagram)
Bemo (Instagram)

Pada 1960-1980, bemo menjadi kendaraan umum primadona masyarakat Jakarta. Pasalnya sejak becak dimusnahkan di jalan ibukota, bemo pun menjadi pengganti becak yang dapat menampung lebih banyak penumpang. Bemo pertama kali muncul di Jakarta pada 1962 silam. Meski kalah pamor dengan alat transportasi lainnya, hingga saat ini kita masih dapat menjumpainya di beberapa wilayah di Jakarta.

4. Taksi

Taksi tempo dulu (Instagram)
Taksi tempo dulu (Instagram)

Berbeda dengan taksi yang ada saat ini, taksi tempo dulu terlihat lebih keren karena memakai mobil-mobil klasik dengan beragam tipe dan merek yang berbeda. Kondisi jalanan Jakarta yang semakin semerawut membuat taksi menjadi salah satu kendaraan umum paling nyaman di Jakarta. Sejak 1940-an taksi sudah berkeliaran di beberapa wilayah di Jakarta.

5. Angkot

Angkot tempo dulu (Instagram)
Angkot tempo dulu (Instagram)

Angkot zaman dulu juga berbeda dengan angkot yang ada sekarang. Angkot pada zaman dahulu memiliki ukuran yang lebih besar, menyerupai bus sekolah, sehingga dapat menampung penumpang lebih banyak. Karena ukuran mobil yang terbilang besar, jadi para sopir angkot tak bisa mengendarainya dengan urakan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak