Mesin Canggih, Bisa Setrika dan Lipat Baju Secara Otomatis

Saat ini, penggunaan mesin cuci sudah sangat populer karena menyelamatkan kita dari kerepotan mencuci secara manual. Meski mencuci dengan tangan masih dilakukan untuk beberapa jenis bahan pakaian dan noda, namun frekuensinya sudah sangat berkurang.

Sebuah inovasi baru, semakin memudahkan pekerjaan membersihkan baju karena kamu tidak perlu lagi menyetrika dan melipat pakaian yang sudah kering setelah dicuci. Perusahaan berbasis Amerika Serikat FoldiMate telah meluncurkan robot setinggi satu meter yang bisa menggantikan tugas ini.

FoldiMate (Discoverviralstuff)
FoldiMate (Discoverviralstuff)

Dilansir dari Telegraph, Jumat (1/7/2016), mesin tersebut akan “menelan” kemeja, baju dan celana panjang kusut kemudian “memuntahkan” kembali dalam keadaan terlipat rapi dan juga harum.

Untuk mengerjakan tugas melipat pakaian, mesin ini memiliki sederetan nampan yang masing-masing bisa menjepit pakaian di luar mesin. Setelah menarik ke dalam mesin, FoldiMate akan mendeteksi jenis pakaian dan serangkaian lengan robot mulai bekerja melipatnya. Mesin ini juga dapat melicinkan kerutan di pakaian dengan menguapinya saat akan keluar mesin.

Perusahaan mengklaim hanya dibutuhkan sekitar 10 detik untuk melipat setiap pakaian dan dapat menyimpan antara 15 dan 20 potong pakaian pada waktu yang sama. Pada akhir proses, pakaian-pakaian ini dilepaskan dari mesin dengan tumpukan rapi.

FoldiMate (Youthensnews)
FoldiMate (Youthensnews)

Hanya saja, beberapa potong pakaian tidak bisa dilipat dengan mesin ini, termasuk pakaian dalam dan bahan-bahan berukuran besar seperti linen.

Walaupun konsepnya sederhana, perusahaan telah mengembangkan mesin ini dengan tim peneliti robot berpengalaman selama bertahun-tahun.

Mesin ini diprediksi akan dijual dengan harga USD 7 ratus (Rp 9,3 juta) dan USD 850 (Rp 11,3 juta). Sebuah versi komersial telah ada sejak 2014, tapi pre-order untuk versi rumah tangga direncanakan akan dirilis tahun depan. Saat ini, lebih dari 11 ribu orang telah terdaftar pada laman resmi perusahaan untuk memesan mesin canggih ini. Bagaimana dengan kamu?

Kamu bisa lihat video promosinya berikut ini.

(tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Uniknya Batobo, Tradisi Jemput Pemudik di Riau

Tak Diterima di Negeri? 5 Universitas Swasta Terbaik Ini Layak Kamu Coba